PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMROGRAMAN BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ahmad Rafli Ananda Putra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah PGSD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Nuryadin PGSD Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9517

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Berpikir Komputasional, Scratch

Abstract

Perkembangan kurikulum di Indonesia saat ini mengarah pada implementasi Kurikulum Merdeka, yang memberikan kebebasan kepada sekolah untuk merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal dan potensi peserta didik. Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang relevan, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik, dengan fokus pada peningkatan daya serap, kreativitas, kemandirian, dan keterampilan abad ke-21. Dalam konteks ini, teknologi dapat menjadi alat yang efektif, dan salah satu contohnya adalah Scratch, sebuah bahasa pemrograman visual yang dirancang khusus untuk anak-anak dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Dengan menerapkan Scratch, diharapkan pembelajaran matematika dapat menjadi lebih menarik dan interaktif bagi peserta didik, memungkinkan mereka untuk mengembangkan pemikiran komputasional dan keterampilan pemrograman sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang menggunakan Scratch sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan penelitian berbasis pengembangan yang dinamakan Educational Design Research (EDR). Tahapan Penelitian ini menggunakan penelitian berbasis pengembangan yang dinamakan Educational Design Research (EDR). Berdasarkan prosedur model EDR secara rinci metode penelitian dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya sebagai berikut: Analysis and Exploration, Design and Construction, dan Evaluation and Reflection. Kemudian hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar berbantuan scratch yang diintegrasikan dengan mata pelajaran matematika materi bangun datar dapat digunakan oleh anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340 4348.

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum.

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121- 130.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: sesuai dengan KTSP. Padang: Akademia Permata.

Lidinillah, D. A. M. (2011). Educational design research : a theoretical framework for action. Jurnal UPI, (1), Bandung: Tidak Diterbitkan

McKenney, S., T. C. Reeves. (2012). Conductin Educational Design Research. New York: Routledge Taylor & Francis Group

Novianto, S., Kardianawati, A., Rosyidah, U., & Haryanto, H. (2020). Pelatihan Berpikir Praktis Melalui Permainan Komputer untuk Peserta didik SD ISBA 2

Woollard, J. (2015). Computational thinking-A guide for teachers

Downloads

Published

2023-08-06