PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMROGRAMAN BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS V SD

Authors

  • Nandita Afifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul M L PGSD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Nuryadin PGSD Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9474

Keywords:

bahan ajar pemrograman, Operasi Hitung, Bilangan cacah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar pemrograman dengan menggunakan Scratch materi operasi hitung bilangan cacah yang sesuai dengan kriteria valid dan praktis untuk pembelajaran informatika. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Educational, Design, Research (EDR). Subyek penelitian terdiri dari 10 siswa dari kelas V-C di SDN 1 Sindangkasih. Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi dan angket kepraktisan. Hasil validasi dari 2 validator menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah 91,47%, yang menunjukkan kualifikasi yang sangat valid. Selanjutnya, pada tahap uji coba produk pertama, hasil angket kepraktisan menunjukkan rata-rata 89,50% dalam kategori praktis. Sedangkan pada tahap uji coba kedua, angket kepraktisan menunjukkan rata-rata 92,57% dalam kategori praktis. Oleh karena itu, bahan ajar pemrograman yang telah dikembangkan dapat dijadikan sarana pembelajaran informatika pada topik operasi hitung bilangan cacah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fagerlund, J., Häkkinen, P., Vesisenaho, M., & Viiri, J. (2021). Computational thinking in programming with Scratch in primary schools: A systematic review. Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 12–28.

Iskandar, Sarah Fauziah Ratu, and Aji Raditya. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Project-Based Learning Berbantuan Scratch. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya (2013): 167.

Khalil, Nadhira Azra, and Muhammad Rizki Wardana. (2022). Pengembangan Bahan ajar Matematika Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan 1(3): 121–30.

Lestari, Ririn Hunafa, Agus Sumitra, Rita Nurunnisa, and Mia Fitriawati. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1396–1408.

Lilis Inasari, Dindin Lidinillah, and Adi Prehanto. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar Melalui Analisis Rasch Model. Journal od Elementary Education 06(01): 102–10.

McKenney, S., T. C. Reeves. (2012). Conducting Educational Design Research. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423.

Pratiwi, Annisa Putri, and Martin Bernard. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Satuan Panjang Dalam Pembelajaran Menggunakan Media Scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 4(4): 891–98.

Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81.

Sunarti., & Rusilowati, Ani. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Gerak Melingkar Berbantuan Scratch Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Unnes Physics Education Journal 9(3): 283–90.

Trinaldi, Adit dkk. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu 6(6): 9304–14.

Downloads

Published

2023-08-07