PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPIKIR KOMPUTASIONAL MODEL UNPLUGGED PADA MATERI BILANGAN CACAH DI KELAS V SD

Authors

  • Farhan Ali Rahman universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul M L PGSD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ika Fitri Apriani PGSD Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9475

Keywords:

bahan ajar berpikir kopmputasional, operasi hitung, bilangan cacah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar berpikir komputasional dengan menggunakan model unplugged berbantuan bebras task pada materi operasi hitung bilangan cacah yang sesuai dengan kriteria valid dan praktis untuk pembelajaran informatika dan matematika. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Educational, Design, Research (EDR). Subyek penelitian terdiri dari 24 siswa dari kelas V-D di SDN 1 Sindangkasih. Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi dan angket kepraktisan. Hasil validasi dari 2 validator menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah 89,02 % yang menunjukkan kualifikasi yang valid. Selanjutnya, pada tahap uji coba produk pertama, hasil angket kepraktisan menunjukkan rata-rata 94,14% dalam kategori sangat praktis. Sedangkan pada tahap uji coba kedua, angket kepraktisan menunjukkan rata-rata 98,95 % dalam kategori sangat praktis. Oleh karena itu, bahan ajar berpikir komputasional yang telah dikembangkan dapat dijadikan sarana pembelajaran informatika pada topik operasi hitung bilangan cacah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Depdikas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Endah, S. N., Sarwoko, E. A., Bahtiar, N., Wibowo, A., & Kurniawan, K. (2020). Pembinaan Pola Pikir Komputasi dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 1. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2317

Lestari, Ririn Hunafa, Agus Sumitra, Rita Nurunnisa, and Mia Fitriawati. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1396–1408.

Maksum, K. (2022). Berpikir Komputasi Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Program Studi PGMI, 9(Mi), 39–53

McKenney, S., T. C. Reeves. (2012). Conducting Educational Design Research. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Mufidah, I. (2018). Profil Berpikir Komputasi dalam Menyelesaiakan Bebras Task Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Skripsi, November, 1–110

Lilis Inasari, Dindin Lidinillah, and Adi Prehanto. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar Melalui Analisis Rasch Model. Journal od Elementary Education 06(01): 102–10.

McKenney, S., T. C. Reeves. (2012). Conducting Educational Design Research. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Maksum, K. (2022). Berpikir Komputasi Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Program Studi PGMI, 9(Mi), 39–53

Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81.

Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum. CV Budi Utama

Downloads

Published

2023-08-07