ANALISIS PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SD NEGERI KUTAJAYA 1
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9854Keywords:
Media Audiovisual, Keterampilan Menulis, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan menulis siswa serta mengetahui hasil dari keterampilan menulis siswa pada kelas III di SD Negeri Kutajaya 1 dengan menggunakan Media Audiovisual. Menulis adalah sasaran yang digunakan untuk menyampaikan ide, pendapat, gagasan atau saran dalam bentuk rangkaian kata dan kalimat. Media Audiovisual merupakan alat peraga atau alat bantu ajar guru yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru kelas III di SDN Kutajaya 1. Adapun dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa siswa yang masih kesulitan dalam keterampilan menulis, faktor tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan kaidah-kaidah tulisan.Downloads
References
Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia (S. Wibawa (ed.); Pertama). Penerbit Lakeisha.
Riadi, B., & Widodo, M. (2022). PENGANTAR BAHASA INDONESIA (Andriyanto (ed.)). Penerbit Lakeisha.
Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2020). Penulisan Karya Ilmiah (Pertama). KENCANA.
Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman) (H. Wijayanti (ed.)). CV Jejak, anggota IKAPI.
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran (A. Resa (ed.)). CV Jejak, anggota IKAPI.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.)). Kharisma Putra Utama Offset.
Sudirman, I. N. (2021). MODUL KARAKTERISTIK DAN KOMPETENSI ANAK USIA DINI (Pertama). Nilacakra.
Amelia, D. J. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN SD Berorientasi Multiple Intellegences (Pertama). Universitas Muhammadiyah Malang.
Emilsa, L., & Guskinda. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SDN 188 Pekanbaru. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8, 104. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33578/jpflip.v8i1.7556
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3,(1912). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690
Rinawati, A. (2016). ANALISIS HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR. Journal Education Reserch and Development, 86–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Hodgson, J., & Weil, J. (2011). Commentary: how individual and profession-level factors influence discussion of disability in prenatal genetic counseling. Journal of Genetic Counseling, 1-3.
Fariq, A. (2011). Perkembangan dunia konseling memasuki era grobalisasi. Pedagogi, II Nov 2011(Universitas Negeri Padang), 255-262.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.