ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM MEMBACA TINGKAT LANJUT SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9845Keywords:
Education, Instructional Media, Information And Communication Technology (ICT), Reading, Elementary School.Abstract
The rapid advancement of technology continues to grow worldwide, and the education sector is no exception, experiencing the impact of this technological progress. Referring to the initial findings obtained from a study conducted at UPTD SDN 157 Gresik, it is revealed that they have adopted the use of Information Technology Communication (ICT) Based Media in advanced reading instruction. The research method employed is a qualitative descriptive study. In its execution, data collection techniques encompass observation, interviews, and documentation. Within this research, the applied data analysis techniques comprise data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research findings indicate that the implementation of Information Technology Communication (ICT) Based instructional media in advanced reading instruction includes interactive learning applications, E-Books, instructional videos, online learning platforms, and multimedia.Downloads
References
Abdussamad, Zuchri (2021) Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press. Makassar. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Alfansyur, Andarusni & Mariyani (2020) Seni mengelola data : penerapan triangulasi Teknik, sumber dan waktu pada penelitian Pendidikan sosial. Jurnal kajian, penelitian & pengembangan Pendidikan Sejarah. 5 (02), 146-150 https://doi.org/10.20961/jpi.v8i1.60464
Ali, Muhammad (2020) Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (1). 35-44 https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Aslami, Raudhatul (2021) Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. 6 (2). 135-145 https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105
Astuti, D. P., & Sulisworo, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS, 6(1), 40-48
Isnaeni, N & Dewi, Hidayah (2020) Media pembelajaran dalam pembentukan interaksi belajar siswa. Jurnal Syntax Transformation. 1 (5). 148-156
Deviana, Tyas & Dian, I. K (2019) Analisi kebutuhan penyusunan perangkat pembelajran tematik berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu. Jurnal Pendidikan. 3 (02), 64-74 https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.141
Maharani, N. K. D. dkk (2022) analisis kemampuan membaca lanjutan di kelas IV A SD N 2 Kawan Bangli. Wahana Chitta Jurnal Pendidikan. 8 (5), 22-29 https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1028
Manguni, D. M (2022) Teknik Membaca Scanning Dalam Pengembangan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Anak Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 3 (1) 59-70 https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/818/674
Mardhiyah, R. H. dkk. (2021) Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan. 12 (1). 29-40 https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mukhlishina, Innany & Danawati, M. G (2023) Analisis literasi digital dalam pembelajaran pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 8 Malang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7 (1) , 63-77 https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7029
Nailah, I. M & Erwin, R. S (2022) Pengembangan Media ICT Berbasisi Video Animasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 6 (01), 8-15 https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.976
Novrizta, D (2019) Hubungan antara Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 1 (1). 104-124 https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.168
Okatavia, Reni dkk (2023) Peningkatan day abaca Masyarakat melalui literatur digital menggunakanteknik baca sepintas di kelurahan Bahagia kecamatan babelan kabupaten Bekasi. Jurnal pengabdian Masyarakat. 5 (01) 346-353 http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9624
Rahayu, I. R. dkk (2022) Analisis gaya belajara siswa dalam mata Pelajaran IPA di masa Pandemi covid-10 pada siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Indonesia. 8 (01), 151-166 https://doi.org/10.20961/jpi.v8i1.60464
Rakhmanita, Elsa (2019) Teknik Skimming Membaca Cepat. Paper. Universitas Sebelas Maret, Surakarta https://osf.io/preprints/inarxiv/c56r7/
Pamela, I, S dkk (2019) Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2). 23-30 https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p23-30
Purnomo, Dwi (2019) Keterampilan guru dalam Berprofesi. MNC Nusa Creative
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 8 (1). 173-177 https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Sanjani, A. (2020). Tugas dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42 https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287
Sumargo, Bagus (2020) Teknik Sampling. UNJ Press. Jakarta Timur.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.CV . Bandung
Suparlan (2019) Teori Konstrukvitisme dalam pembelajaran. Jurnal keislaman dan Ilmu Pendidikan. 1 (2). 79-88 https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.