IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1A SDN 2 GIRIMOYO MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7646Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Project Based Learning, Hasil Belajar.Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1A Sekolah Dasar Negeri 2 Girimoyo melalui implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif. Deskriptif komparatif yakni membandingkan hasil penelitian pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil perbandingan tersebut untuk mengetahui indikator keberhasilan dan kekurangan dalam setiap siklus. Indikator yang belum tercapai akan diperbaiki dalam siklus berikutnya. Sehingga kekurangan yang telah diperbaiki oleh peneliti pada siklus berikutnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1-A Sekolah Dasar Negeri 2 Girimoyo. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada pra siklus ketuntasan belajar peserta didik sebesar 36,7% lalu meningkat sebesar 66,7% pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II sebesar 83,3%.Downloads
References
Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 117- 133. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/529
Ramadianti, A., A. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal PRIMATIKA, 10, 93-98. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/668
Wardani, D., K., Suyitno., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undhiksa, 7, 207-213. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19391/11462
Nugraha, A., R., Kristin, F., & Anugraheni, I., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas, Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalam Cendekia PGSD, 6, 9-15. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/11961
Natty, R., A., Kristin, F,. & Anugraheni, I., (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3, 1082-1092. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/262
Rahmadhon, R., Mukminin., A., & Muazza., M., (2021). Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi, Informasi Dan Komunikasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIS Darussalam Kec.Jelitung Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2, 375-388.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lado, H., Muhsetyo, G., & Sisworo., (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahankan Konsep Barisan Dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3, 1-102. http://matematika.fmipa.um.ac.id/jurnal/JPM%20TAHUN%20III%20NO%201%202016.pdf
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y., D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Azizah, A., N., & Wardani, N., S., (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. https://media.neliti.com/media/publications/266992-upaya-peningkatan-hasil-belajar-matemati-6c8caa3c.pdf
Surya, A., P., Relmasira, S., C., & Hardini., A., T., A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Bejalar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Persona Dasar, 6, 41-54. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/10703/8432
Hapsari, D., I., Airlanda, G., S., & Susiani. (2019). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2, 102-112. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/271/265
Kristiyanto, Dedi. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Project Based Learning (PJBL). Jurnal Mimbar Ilmu, 25, 1-10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/24468
Khairani, B., P., Maimunah., Roza, Yenita. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05, 1578-1587. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/623/366
Lestari, W., I., Putra, E., D., (2020). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 129-141. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/379/367
Rani, Lestari, A., Mutmainah, F., dkk. (2021). Pengaruh Model PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Journal for Lesson And Learning Studies. 4, 264-270. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/34570/19766
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.