UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PADAS PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9679Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN Padas pada pelajaran Matematika melalui penggunaan media benda konkret. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, dan melibatkan siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penggunaan media benda konkret sebagai metode pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Media benda konkret digunakan dalam pembelajaran untuk memberikan pengalaman nyata dan menarik minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor minat belajar siswa, dari siklus I sebesar 24,14 menjadi siklus II sebesar 27,35. Penelitian ini berhasil mencapai indikator keberhasilan, yaitu 80% siswa mencapai skor minat belajar dalam kategori tinggi dengan batas minimal skor 25. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan media benda konkret dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Kata Kunci: Minat belajar, Media benda konkret, Pembelajaran MatematikaDownloads
References
Aprilia, E., Puji Rahmawati, F., & Kunci, K. (2022). Peningkatan Minat Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Melalui Video Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Educatif : Journal of Education Research, 4(3), 254–260. http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
Arman Berkat Cristian Waruwu, & Debora Sitinjak. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Dewi, Y. A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 211–231. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Kadek Dwi Candra Ardana Yasa, I., Agung Gede Agung, A., & Hamonangan Simamora, A. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A. Y., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 103–108. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.11100
Ling Ling Wei Sitohang, A., & Sirait, J. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 095198 Silomaria Tanah Jawa. Journal on Education, 6(1), 3345–3357.
Neli Ainiyati, Filia Prima Artharina, & Joko Sulianto. (2023). Analisis Penerapan Media PowerPoint (PPT) Interaktif terhadap Minat Belajar Peserta Didik Materi Penjumlahan dan Pengurangan di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 9(2), 4964–4971.
Nugraha, F. A., Nur’aeni, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2021). Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2760–2768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.931
Nursyam, A., Muhammadiyah Bone Biru, S., Riattang, T., Bone, K., Selatan, S., & Penulis, K. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Increased Interest in Student Learning Through Information Technology-Based Learning Media. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose
Pramestika, L. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. JPdK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 110–114.
Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327
Putri, N. M. A. K., & Suniasih, N. W. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Powerpoint Interaktif Berbasis Kontekstual pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 233–243. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.45854
Rachmadhani, D., Yuanta, F., & Setiyawan, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Powerpoint Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9369–9379. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4028
Rebeka Helen Hutabarat, Asep Hidayat, & Bella Anantha Sritumin. (2017). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Akuntansi, 3(1), 12–21.
Sopia, N. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Media Interaktif Berbasis PowerPoint. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 169–178. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.169-178
Supit, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Minat Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Advent UNKLAB. Cogito Smart Journal , 7(2), 447–459.
Susilowati D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 2(1), 36–46.
Tupulu, N., Jamiah, Y., Rustam, & Fitriawan, D. (2023). Media Pendidikan Matematika Pengembangan Kemampuan Berpikir Matematis untuk Penguatan Disposisi Matematis Melalui Kolaborasi antara Siswa dan Guru. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 131–139. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm
Yul, F. A., Yul, W., Susanto, E., Id, A., Id, W. A., Id, E. A., Dehasen Bengkulu, U., & Kerinci, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKS 9 Muhammadiyah Kota Bengkulu. At-Talim: Media Pendidikan Islam, 21(2), 164–174. https://doi.org/10.29300/atmipi.v21.i2.9095
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.