PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA TEKO (TEBAK TOKOH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERINGKAS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lintang Ayu Fitriyani Universitan PGRI Madiun
  • Pinkan Amita Tri Prasasti Universitas PGRI Madiun
  • Sri Sujanti SDN 02 Mojorejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13847

Keywords:

CIRC, Board Game, Keterampilan Meringkas

Abstract

ABSTRACT Learning to read and write as part of learning language skills is the most important foundation in improving students' abilities. Reading and writing skills are the basis for learning activities to summarize reading texts in grade III elementary school. Students are not able to understand the content of the text well, so they have difficulty in making a summary of the text. The aim of this research is to improve the summarizing skills of class IIIB students at SDN 02 Mojorejo, Madiun City by implementing the CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) learning model using TEKO media. This research is a Classroom Action Research (CAR) model by Kemmis & McTaggart. The subjects of this research were 29 class IIIB students at SDN 02 Mojorejo. At the pre-cycle stage, the number of students who achieved complete learning outcomes was 24%, cycle 1 reached 55%, and cycle II reached 86%. Thus, the application of the CIRC learning model assisted by TEKO media can improve students' summarizing skills.   ABSTRAK Pembelajaran membaca dan menulis sebagai bagian dari pembelajaran keterampilan berbahasa merupakan landasan terpenting dalam meningkatkan kemampuan siswa. Keterampilan membaca dan menulis menjadi dasar pada kegiatan pembelajaran meringkas teks bacaan kelas III sekolah dasar. Siswa belum mampu memahami isi teks dengan baik, sehingga kesulitan dalam membuat ringkasan pada teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan meringkas siswa kelas IIIB di SDN 02 Mojorejo Kota Madiun dengan menerapkan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan media TEKO. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas IIIB di SDN 02 Mojorejo. Pada tahap pra siklus, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 24%, siklus 1 mencapai 55%, dan siklus II mencapai 86%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan media TEKO dapat meningkatkan keterampilan meringkas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalludin, A., & Nilawijaya, R. (2020). Kemampuan Siswa Kelas V SD Negeri 6 OKU dalam Meringkas Wacana dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 65–71. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.13549

Desta Pradana, M., & Owa-Onire Uthman, Y. O. (2023). Development of Aqidah Akhlak Learning Media “Board Game Based on Education Fun on the Theme of Commendable Morals (E-Fun A2M)” for High School Students. Assyfa Learning Journal, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.61650/alj.v1i1.9

Dewi, D. K., & Haryadi, H. (2022). Pengaruh Model CIRC terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 247–258. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4278

Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541–1550. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346

Fitriani, L., Aksara, B., & Masalah, L. B. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737

Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Hikmah, S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Ringkasan Bacaan Pada Tema 8 Subtema 2 Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 36–43. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7689

Indrayatti, W. (2020). Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Cerita Siswa Kelas VII Siswa Sekolah Menengah Pertama Kota Tanjungpinang Tahun 2019. Jurnal Kiprah, 8(1), 56–65. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2072

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Wayan Rati, N. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 303–314.

Kusumawardani, S., Diyanti, R., & Santoso, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(23), 140–151.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02), 102–107.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Indonesia Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23.

Ningrum, A. K., & Hariani, S. (2020). Pengembangan Media Big Book Writing Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 8(2), 395–406.

Rachmawati, Iswara, P. D., & Syahid, A. A. (2022). Modifikasi Berbantuan Teknik Mind Mapping Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1190–1200. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2860

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis [The insertion of character education through Indonesian language learning is viewed from a theoretical perspective]. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2024-06-02