PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA TRUE OR FALSE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA LUAS BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13846Keywords:
TGT, TRUE OR FLASE, MATEMATIKAAbstract
Abstract This research aims to describe the application of the Team Games Tournament (TGT) type cooperative learning model assisted by True or False media. True or False learning can improve the learning outcomes of class VA students at State Elementary School 02 Mojorejo. This research is classroom action research. The subjects in this research were 28 students of class VA SDN 02 Mojorejo and the object of this research was the results of learning mathematics with material on the area of flat shapes. Data collection in this research used tests carried out every cycle. After obtaining data on student learning outcomes before and after using the action, the researcher gave a score for each question from the mathematics learning outcomes. Based on the results of the research above, it can be concluded that through the application of the TGT (Team Games Tournament) model assisted by True Or Flase media with material on flat shapes, it can improve the learning outcomes of class VA students at SDN 02 Mojorejo. The steps for implementing True or False media which can improve student learning outcomes are by using cards which are used as questions to test students' activeness when learning in class and students are required to provide answers to train their courage. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media True or false. Pembelajaran True or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 02 Mojorejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 02 Mojorejo yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika dengan materi luas bangun datar. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap siklus. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal dari hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model TGT (Team Games Tournament )berbantu media True Or Flase dengan materi luas bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN 02 Mojorejo. Adapun langkah-langkah penerapan media True or False yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan kartu yang dijadikan sebagai soal-soal untuk menguji keaktifan siswa ketika pembelajaran di kelas dan siswa dituntut memberikan jawaban untuk melatih keberanian diri.Downloads
References
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Hidayati. (2019). Penerapan Strategi True or False Pada Konsep Ekosistem Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (PIJAR), 3(3), 36–45.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Mustafidhah, R. L., Maruti, E. S., & Suparmi. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Unsur Bangun Ruang pada Siswa Kelas V dengan Straw and Plasticine Model (Pjbl) Di SDN 2 Kunti. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2569–2577.
Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Jurnal of Education Studies, 1(1), 1–12.
Purnomo, C. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 53–57. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.22
Purwanti. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume KUBUS DAN BALOK PADA Siswa Kelas V SD Negeri Sanggrahan. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 3(4), 186–194.
Sulistyowati, R., Wulandari, S. S., & Suratman, B. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Keahlian Bisnis Manajemen Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal ABDI, 4(1), 6. https://doi.org/10.26740/ja.v4n1.p6-11
Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38986
Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah, 06(01).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.