PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN

Authors

  • Lovandri Dwanda Putra Universitas Ahmad Dahlan
  • Dwi Rohman Soleh Universitas PGRI Madiun
  • Fity Senri Puspitasari Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9647

Abstract

ABSTRACT Technological development in the world of education are increasingly complex, various applications are provided to support learning in schools, one of which is Google Classroom. The purpose of this study was to find out how to develop and find out the quality of learning plans based on Virtual Learning using Google Classroom for class V SD Muhammadiyah Suronatan with thematic material, Theme 1 Sub-theme 1. This research method uses Research and Development (R&D), the modal used is a model that developed by Borg and Gall. The research subjects were curriculum experts, material experts, learning expert, and assessment teachers. The data collection technique is in the form of product assessment. From the result of research on the quality of lesson plans by curriculum experts scored 75 in the “Good” category, material experts scored 75 in the “Good” category, obtained an average score from expert validation of 80 with the category “Very Good”. The assessment of the class teacher’s response obtained an average score of 92.5 in the ”Very Good” category. The results of the assessment from validation experts and teachers obtained a score of 86.25 in the “Very Feasible” category, so this shows that the Virtual Learning-based learning plan using Google Classroom for class V at SD Muhammadiyah Suronatan Very Good in used as an alternative learning for students and teacher. Keywords: Learning Plans, Virtual Learning, Google Classroom ABSTRAK Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sudah semakin kompleks, berbagai aplikasi disediakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah salah satunya yaitu Google Classroom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana langkah mengembangkan dan mengetahui kualitas rencana pembelajaran berbasis Virtual Learning menggunakan Google Classroom untuk kelas V SD Muhammadiyah Suronatan dengan materi Tematik Tema 1 Subtema 1. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), model yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Subjek penelitian yaitu ahli kurikulum, ahli materi, ahli pembelajaran, dan penilaian guru. Teknik pengumpulan data berupa penilaian produk. Dari hasil penelitian kualitas rencana pembelajaran oleh ahli kurikulum mendapat nilai sebesar 75 kategori “Baik”, ahli materi mendapat nilai sebesar 75 dengan kategori “Baik”, ahli pembelajaran mendapat nilai sebesar 90 kategori “Sangat Baik”, didapatkan rata-rata skor dari validasi ahli sebesar 80 dengan kategori “Sangat Baik”. Penilaian dari respon guru kelas mendapat hasil nilai rata-rata sebesar 92,5 kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian dari ahli validasi dan guru didapatkan dengan nilai 86,25 dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa rencana pembelajaran berbasis Virtual Learning menggunakan Google Classroom untuk kelas V di SD Muhammadiyah Suronatan Sangat Baik digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi peserta didik dan guru.   Kata Kunci: Rencana Pembelajaran, Virtual Learning, Google Classroom

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PETIK, 7 (1). Doi: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1

Darmawan, A. (2015). Pemilihan Sistem Learning Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan Criterium Decision Plus 3.0. Faktor Exacta, 7(3), 260-270.

Elyas, A. H. Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56 (4), 1-11. Doi: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340-348.

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle Google Classroom Dan Edmodo, 2, 1-6.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning Berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1 (1), 46. Doi: 10.21580/perj.2019.1.1.3977

Purwandani, I. (2016). Pengembangan Elearning Berbasis Claroline untuk Pembelajaran PTIK. Prosiding KNIT, Jakarta.

Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Critical Thingking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11 (2), 32-43. Doi: 10.21831/jpai.v11i2.1689

Suryadi, A., Darmawan, D., Rahadian, D., Wahyuni, D., & Riyana, C. (2022). Pengembangan Aplikasi Sistem Database Community Digital Learning Nusantara (VCDLN) Menggunakan Model Waterfall Dan Pemrograman Terstruktur. Jurnal PETIK, 8 (1). https://doi.org/10.31980/jpetik.v8i1

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R & D). bandung: Alfabeta.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513-521.

Wicaksono, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 1 (2), 117-124. Doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937

Downloads

Published

2023-08-24