PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS 5 SDN MEJAYAN 01 TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9928Keywords:
Keywords: Motivasi belajar, hasil belajar, FPB dan KPK, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika tentang FPB dan KPK melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas 5 SDN Mejayan 01 tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun dengan jumlah siswa 14 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Pengumpulan data dengan teknik tes diambil dari hasil ulangan harian yang dilakukan pada skhir siklus. Adapun teknik nontes datanya diambil dari lembar observasi dan dokumen foto pembelajaran. Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus dibagi dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian yang diperoleh pada pembelajaran pra siklus, motivasi belajar siswa rendah dan nilai rata-rata ulangan hariannya adalah 57,14. Dari KKM yang ditetapkan yaitu 70,00 jumlah siswa yang mampu mencapai KKM sebanyak 5 siswa (36%) dan 9 siswa (64%) masih dibawah KKM . Nilai terendah ulangan harian 30 dan nilai tertinggi 80. Pada siklus I, motivasi belajar siswa meningkat sedang dan nilai rata-rata ulangan harian 67,14. Jumlah siswa yang mampu mencapai KKM pada siklus I menjadi 8 siswa (57%) dan 6 anak (43%) masih dibawah KKM. Nilai terendah juga mengalami peningkatan yaitu 40 dan nilai tertinggi 90. Pada Siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi tinggi dan nilai rata-rata ulangan harian menjadi 77,14. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus II adalah 12 siswa (86%) dan 2 anak (14%) masih dibawah KKM. Nilai terendah meningkat menjadi 50 sementara nilai tertinggi menjadi 100. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika tentang FPB dan KPK pada siswa kelas 5 SDN Mejayan 01 Kecamatan Mejayan Tahun Pelajaran 2022/2023 dari kondisi awal motivasi belajar rendah dan nilai rata-rata ulangan harian 57,14, pada kondisi akhir motivasi belajar menjadi tinggi dan nilai rata-rata ulangan harian menjadi 77,14.Downloads
References
Anisa. 2013. Matematika untuk SD/MI kelas V. Boyolali : CV Candhik Ayu
Dahar, RW. 1998. Teori – teori Belajar. Jakarta : Depdikbud.
Dasim. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian. Bandung : Siliwangi HDB.
Dimyati dan Mudjiono. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud
Hamalik. 1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : CV Tarsito
Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV Bumi Aksara.
Ibrahim dkk. 2000. Pembelajaran Kooperative. Program Pasca Sarjana Unesa. Surabaya : University Pers]
Mulyani Sumantri., dkk. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : UI Press
Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Nana Sudjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor : Ghalia Indonesia
Purwadi. 2003. Upaya Meningkatkan Kompetisi Dasar Matematika Siswa Kelas III SMP Negeri 2 Jepon Blora Melalui Pembelajaran Dengan Model CTL. Blora : Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Blora
Ruseffendi. 1991. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid Guru dan SPG. Bandung : CV Tarsito
Siti Sumarni. 2005. mendefinisikan motivasi http://belajarpsikologi.com
Suciati, Dr. 2003. Belajar dan pembelajaran. Modul 3. Motivasi dalam Pembelajaran. Jakarta : Pusat Penerbitan universitas Terbuka
Sudjana, N. 2000. Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung : PT Sinar Baru Algensindo
Surya HM. 2001. Kapita selekta Kependidikan SD. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Syaiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.