PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATERI DRAMA PADA SISWA SD

Authors

  • Dewi Pertiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Widya Handayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Masnunah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9499

Keywords:

ADDIE, Video animasi, Drama

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk yang valid, praktis dan efektif. Prosedur penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D). Penelitian menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan antara lain Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SD N 74 Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil validasi penelitian menunjukkan bahwa kevalidan video animasi yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi penilaian pakar/ahli: media, materi dan bahasa diperoleh 89,54% dengan kategori “sangat valid’’ berdasarkan data angket. Untuk kepraktisan media diperoleh dari penilaian angket respon siswa pada tahap Small group dan Large Group, didapatkan hasil persentase 88,63% dengan kategori “sangat praktis’’. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli dan hasil uji coba keptaktisab pada tahap small group dan Large group, Maka dapat disimpulkan bahwa Media pengembangan video animasi materi Drama yang dikembangkan layak untuk digunakan, sudah terbukti valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N., & dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan BerpikirKreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 2, No. 1, 56.

Cahyani, f. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. 35-36.

Cahyani, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. 30-40.

Cahyani, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. 40-41.

Cahyani, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. 36-37.

Cahyani, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. 38-39.

Cahyani, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi.

Hulqi, R. H. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas untuk meningkatkan hasil belajar di MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Vol. 22, No. 2, 139.

Ningrum, R. A., & Dwi, T. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Dlanggu, MojokertO. journal unesa, Vol 08. No. 03, 40-41.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta, 298.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisnu Ady Prasetya. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 5, No. 1, 61.

Downloads

Published

2023-08-07