ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V SDN 1 RARANG SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • B. Kayul Putri Yusniati Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat Universitas Mataram
  • Mansur Hakim Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9264

Keywords:

Keterampilan, Literasi Digital.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sarana yang dapat menunjang potensi manusia untuk menjadi lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampialan literasi digital siswa kelas V SDN 1 Rarang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Rarang Selatan yang berjumlah 44 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan angket keterampilan literasi digital. Observasi digunakan untuk memperoleh informasi tambahan dari yang telah di berikan responden yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi digital siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengukur keterampilan literasi digital siswa yang menggunakan pernyataan-pernyataan tertutup dengan pengukuran likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Data yang diperoleh melalui angket akan diolah dengan cara kuantitatif. Sedangkan data yang diperoleh melalui observasi akan dijabarkan secara analisis dan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi digital siswa kelas V SDN 1 Rarang Selatan masih berada pada kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2021. Dasar-Dasar Evaluasi Pendididkan Edisi 3. Bumi Aksara

Berlian, Nur, dkk. (2018). Evaluasi Program Literasi: Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Dinata. 2021. Analisis kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan. Vol 19 (1).

Dityadasi at al. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah. Prosiding Semiar Nasiional Pendidikan Fisika VII 2022.

Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh (Skripsi). Universitas Negeri Islam Ar-Raniry, Banda Aceh. Indonesia.

Fernanda at al. 2020. Penerapan Literasi Digital Di SMP Negeri 20 Surakarta. Jurnal Buletin Literasi Budaya Sekolah. Vol 2 (2).

Flew, T. (2008). New Media: an introduction. New York: Oxford University Pers.

Gilster, Paul.1997. Digital Literacy. New York: Willy.

Ginting at al. 2021. Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan. Malang: Media Nusa Creatif.

Nahdi dan Mohamad Gilar. 2020. Analisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas.Vol 6 (2).

Mustofa dan Budiwati, B. H. (2019). Proses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. Vol 11(1).

Pratama at al. 2019. Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E- Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF). Vol 6 (1).

Pratiwi Anggi dan Eflinnida Nurul Komaril Asyarotin. 2019. Implementasi Literasi Budaya dan Kewarganegraan Sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Milenial Di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. Vol 7 (1).

Puspito, Danang W. (2017). Implementasi Literasi Digital dalam Gerakan Literasi Sekolah. Dalam Konfrensi Bahasa dan Sastra (Internasional Comferench on Languace, Literature, and Teaching) II (pp.307-308).

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabet.

Safitri et al. 2020. Analisis Kebijakan Terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Imu Pendidikan. Vol 2 (2).

Sani et al. 2018. Penelitian Pendidikan. Medan: Tira Smart

Silalahi et al. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek dan Penerapannya. Padang Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono. 2021. Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisna, I Putu Gede. 2020. Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Stilistika. Vol 8(2).

Downloads

Published

2023-08-03