PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV MI NURUL IMAN

Authors

  • Baiq Yolanda Safitri Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat Universitas Mataram
  • Aisan Nikmah Rahmatih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18294

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Video Animasi, IPAS, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model PBL berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik pembelajaran Kelas IV di MI Nurul Iman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode eksperimen dengan bentuk desain yaitu one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 25 peserta didik terdiri dari satu kelas saja yaitu kelas IV. Hasil pengujian sebagai prasyarat analisis, uji normalitas kelas eksperimen berdistribusi normal dan uji homogenitas mendapatkan hasil Sig. sebesar 0,832 yang artinya > 0,05 dinyatakan data homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh uji t nilai dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai  yaitu sebesar 4,199 ≥ 2,063 yang artinya H1 diterima H0 ditolak dan perolehan uji effect size sebesar 0,7, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di MI Nurul Iman sebesar 0,7 yang menempati kriteria 0,5 ≤ d ≥ 0,8 berada pada kriteria efek besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiniati, M. R., Tahir, M., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 45 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1639-1647.

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.

Daring, P., Anak, P., & Dini, U. (2021). Kesiapan Guru Ra Dalam Melakukan Pembelajaran. 5(2), 222-228

Fithriyani, I., Rostikawati, T., & Mulyawati, Y. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 545-551.

Gunantara, Suarjana, & Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Hidayati, D., Astini, B. N., & Tahir, M. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VERBAL-LINGUSTIK ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASH-SHIDDIQI FATHURRAHMAN TAHUN 2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 804-816.

Kamal, I., Firmansyah, E. A., Rafiah, K. K., Rahmawan, A. F., & Rejito, C. (2020). Pembelajaran di Era 4.0. November, 265–276.

Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta analisis: Komparasi pengaruh model pembelajaran Probl em Based Learning Dan Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal basicedu, 5(2), 1006-1017.

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.

Noviyanti, A., Musaddat, S., & Amrullah, L. W. Z. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 708-718.

Putri, M. S., Tahir, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Semester II Kelas 1 di SDN 25 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 236 242.

Pratiwi, A., Triwahyuni, I., & Musaddat, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 3 Di SDN 1 Mataram. Journal of Science Instruction and Technology, 3(1), 17-23.

Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821-826.

Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32-38.

Syairani, & Tarigan. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah

(Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4).

Syazali, M., Erfan, M., Khair, B. N., Rahmatih, A. N., & Hasnawati, H. (2023). The effectiveness of template and example paper implementation in developing student writing skills in science courses. Jurnal Pijar Mipa, 18(3), 336-342.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Wragg, E.C. (2012). Classroom Teaching Skill Nicholas Publishing Company (Belajar dan Pembelajaran). Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2024-09-02