PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA TEKS CERITA FIKSI BUKU SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Atikasari Atikasari Universitas Mataram
  • Sudirman Sudirman Universitas Mataram
  • Mansur Hakim Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11497

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Teks Cerita Fiksi, Buku Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila dan kesesuaiannya dengan kurikulum merdeka yang terdapat pada 12 teks cerita fiksi buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Jenis dari penelitian ini adalah library research atau studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada teks cerita fiksi yang terdapat dalam buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar terdapat nilai pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila: nilai Profil Pelajar Pancasila beriman, bertqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan persentase 150%, muatan nilai berkebhinekaan global dengan persentase 116%, muatan nilai bergotong royong dengan persentase 216%, muatan nilai mandiri dengan persentase 66%, muatan nilai bernalar kritis dengan persentase 183%, dan muatan nilai kreatif dengan persentase 133%, (2) Nilai pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada teks cerita fiksi buku siswa mata pelajaran baha sa Indonesia kelas IV sekolah dasar sangat sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka, tidak ditemukan ketidaksesuaian dengan kata lain keduanya sesuai, hal ini ditunjukkan dengan munculnya karakter Profil Pelajar Pancasila pada kedua belas teks cerita fiksi yang telah diteliti.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriwandi, A. Asrin, A. & Sudirman, S. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Praya). Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 4 (1).

Ayu, S.M. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SMP Kurikulum Merdeka. https://repository.upi.edu. Diakses tanggal 12 Juli 2023.

Azwandi, Makki M., Erfan M., & Hakim M. (2023). Analisis Upaya Guru Dalam Menangani Learning Loss Siswa di SDN 32 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 (3) 1589-1598.

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar Paparan Kemdikbudristek. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka Diakses tanggal 5 Maret 2023.

Fatahul Uyun, M., Sudirman, S., & Nisa, K. (2020). Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis School Management di SDN 1 Batu Kumbung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2 (2). Diambil dari https://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/116

Nasution, Y. A. (2020). “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 3 Rantau Utara.” 10. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/kontras/article/download/253/196. Diakses tanggal 15 Maret 2023.

Putry, R. (2018). “Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas”. Internasional Journal Of Child and Gender Studies 4 (1) 42-43.

Salam, A. S., Sudirman, & Husniati. (2022). Standar Isi, Bahasa dan Penyajian Buku Tematik Tema 4 Berbagai Pekerjaan Dan Tema 5 Pahlawanku Seri HOTS Kelas IV Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 (2c), 827-834.

Sudirman, S. & Setiawan, H. (2021). Standar Isi, Bahasa, dan Penyajian Buku Tematik Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) Tema 2 “Udara Bersih Bagi Kesehatan” Kelas V Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah PENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1) 35-41.

Downloads

Published

2024-01-01