ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN BERCERITA SISWA

Authors

  • Dewi Mukti Kartikaningrum Magister Pendidikan Dasar
  • Sumarno Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang

Keywords:

needs analysis, media, hand puppets, storytelling

Abstract

This study aims to analyze the initial needs of media development as an effort to improve speaking skills of elementary school’s students by storytelling. The method used in this research is descriptive qualitative with research instruments in the form of observation, questionnaires, and interviews. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the initial needs instrument data analysis, it was found that student’s speaking ability was still low, students were embarrassed to speak in front of the class, did not dare to express opinions, were nervous, and halted when speaking caused by inadequate facilities and infrastructure, the learning environment was not conducive, lack of support from parents, and teachers have not used appropriate learning media. The results obtained show that the data on student's reading interest is still low and the learning method used by the teacher is uninteresting because it does not use additional media. Most students said they were more interested in additional media story in the form of hand puppets which is 53.8%. Furthermore, this study can be used as an initial needs analysis for media development in the form of hand puppet media profiles that are appropriate for storytelling activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Anwar, Ilham C. 2021. Mengenal Penelitian Kualitatif: Pengertian dan Metode Analisis. Online:https://tirto.id/mengenal-penelitian-kualitatif-pengertian-dan-metode-analisis-f9vh (diakses pada tanggal 15 Juli 2023)

Arikunto & Suharsimi. 2002. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burhan N. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Darmayati, Z, Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud RI.

Fakhrudin A., Inayati A.U. 2015. Pengembangan Media Boneka Tangan pada Tema Lingkungan Kelas II SD Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 80-85.

Guntur H. 2015. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbicara. Bandung: Angkasa.

Lee. 2014. Pembelajaran keterampilan Berbahasa Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maidar G A, Mukti. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Nuryani. 2013. Pengembangan Media Boneka Tangan Punakawan dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Wijirejo 2 Kecamatan Pendak Kabupaten Bantul. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(5), 1-9.

Rahmawati, I.A, Dewi U. 2015. Pengembangan Media Tiga Dimensi (Boneka Tangan) Materi Pokok Perilaku Kebersamaan dalam Keberagaman Mata Pelajaran PPKn untuk Siswa Kelas 1 SD Al Fatah Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1),1-10.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sulianto J, Mei F.A.U, Fitri Y. 2014. Profil Cerita Anak dan Media Boneka Tangan dalam Metode Bercerita Berkarakter untuk Siswa SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 113-122.

Tadzkiroatun M. 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Wati, E.H & Maureen, I.Y. (2014). Pengembangan Media Video Boneka Tangan dalam Pembelajaran Harga Diri Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas 3 SDN Sumberejo 2 Pakal Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(2), 1-

Wicaksono, Anggit G. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Kontekstual dalam Pembelajaran Sains SD. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2).

Yanti A.W. 2013. Pengembangan Media Tiga Dimensi (Boneka Tangan) untuk Meningkatkan Perilaku Baik dan Sopan bagi Kelompok A TK AT-Thohiriyah Krian Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-9.

Downloads

Published

2023-07-18