ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PULPEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MEMBANDINGKAN PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16123Keywords:
Media Puzzle Pecahan, Pecahan, PulpenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media pembelajaran Pulpen (Puzzle Pecahan) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi membandingkan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi dengan objeknya peserta didik kelas III SD. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode observasi, kuesioner, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran Pulpen dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep membandingkan pecahan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Selain itu peserta didik juga merasa senang, dan antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas.Downloads
References
Dame, J. P. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah melalui Media Puzzle bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 3(3), 241–250. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.
Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit. Sinar Baru Algensindo.
Kustandi, Cecep, Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Nisem, N. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah Wuny, 2(1).
Putri, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).
Saryanti, E. (2022). Penggunaan media puzzle pecahan biasa pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 10(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sukadi. (2016). Guru dan Masa Depan. Jakarta: Penerbit Rajawali Press.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prenadamedia Group.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.