ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PULPEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MEMBANDINGKAN PECAHAN

Authors

  • Juwitaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16123

Keywords:

Media Puzzle Pecahan, Pecahan, Pulpen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media pembelajaran Pulpen (Puzzle Pecahan) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi membandingkan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi dengan objeknya peserta didik kelas III SD. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode observasi, kuesioner, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran Pulpen dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep membandingkan pecahan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Selain itu peserta didik juga merasa senang, dan antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dame, J. P. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah melalui Media Puzzle bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 3(3), 241–250. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu.

Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit. Sinar Baru Algensindo.

Kustandi, Cecep, Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Nisem, N. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah Wuny, 2(1).

Putri, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).

Saryanti, E. (2022). Penggunaan media puzzle pecahan biasa pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 10(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sukadi. (2016). Guru dan Masa Depan. Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prenadamedia Group.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-07-09