UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS BAHAN AJAR MENGGUNAKAN FORMULA AIKEN’S V DAN SPSS.22 TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Dewi Mukti Kartikaningrum Magister Pendidikan Dasar
  • Muhtarom Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang

Abstract

Perkembangan industri abad 21 menuntut masyarakat untuk mampu bersaing dengan dunia global dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas. Salah satu keterampilan yang penting dimiliki siswa adalah kemampuan berpikir kritis yaitu cara berpikir reflektif yang rasional atau berdasarkan nalar yang difokuskan untuk menentukan apa yang harus diyakini dan dilakukan. Sejumlah hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa masih termasuk rendah. Satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan bahan ajar yang mendukung dan memberikan kesempatan mengaplikasikan pengetahuan yang diberikan pada saat pembelajaran sehingga siswa mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penyusunan sebuah bahan ajar dalam penelitian di bidang pendidikan tidak bisa terlepas dari kevalidan pada setiap butir-butir instrument yang akan digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, berbentuk data statistik. Proses perhitungan dalam menentukan kevalidan instrumen menggunakan Aiken’s V dan untuk menguji reliabilitas bahan ajar menggunakan SPSS 22. Penelitian dilakukan dengan membagikan angket validasi terhadap bahan ajar kepada 5 validator sebagai responden. Berdasarkan hasil analisis uji validasi isi dengan mempertimbangkan nilai ketetapan pengkategorian yang ditunjukkan pada Tabel Aiken’s V dengan nilai koefisien 0,870 menunjukkan pada angka 0,95. Sedangkan hasil reliabilitas data menunjukkan yaitu r = 0.899 dengan r Tabel 0,878. Bahan ajar tersebut dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak di gunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri., Dores, O, J., Lina, A, H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sdn 01 Nanga Kantuk. J-Pimat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1),158–67.

Chomsin., Widodo, S., Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ennis, R,H. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall.

Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis dengan program SPSS. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Janna, N, M., Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas sengan Menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 1–12.

Kamalasari, A,F., Sukestiyarnob, Y, L., Cahyono, A, N. (2019). Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2(1), 910-913.

Kurniawati, I, L., Amarlita, D, M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X Dalam Materi Hidrokarbon. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 78-82.

Purwoko, A, A., Burhanuddin, Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z, N., Pariza, D. (2021). Validitas Instrumen dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding saintek, 3, 92-102.

Sanaky, M, M., Saleh, L, M., Titaley, H, D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.

Sormin, M, A., Sahara, N. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 41-48.

Sugiharni, A, D., Setiasih, W. (2018). Validasi Butir Instrumen Evaluasi Model Alkin Menggunakan Formula Aiken. Bali: Udayana.

Sugiharto, Sitinjak. (2006). Lisrel. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistiyono, S., Suherman, W, S., Pambudi, D, K., Martono, M. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Pengelolaan Sekolah Sepakbola Berbasis Sistem Manajemen Mutu. MEDIKORA, 21(1), 61–70.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1).

Sutisna, U. (2020). Etika Belajar dalam Islam. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7(1), 49-58.

Tiyaswati, I., Sarwanto, Sukarmin. (2021). Students' Creative and Innovation Skill on Chapter of Newton's Law Using SSCS Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 1-6.

VanLaar, E, V., VanDeursen, A, J, A, M., Haan, D, J. (2020). Determinants of 21st-Century Skills and 21st-Century Digital Skills for Workers: A Systematic Literature Review. Sage Journal, 10(1).

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugerah Utama Raharja. ISBN 978-602-1297-26-1.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference,1-18.

Downloads

Published

2024-03-02