PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rista Kurniawati Sayitno Universitas PGRI MADIUN
  • Ivayuni Listiani PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8732

Keywords:

Kata Kunci: model pembelajaran take and give, literasi sains, sekolah dasar

Abstract

Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh model take and give terhadap literasi sains siswa kelas v sekolah dasar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model take and give. Populasi dari penelitian adalah siswa SDN 1 Pulung dan SDN Patik yang berjumlah 131 siswa. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 50 siswa kelas V dari kedua sekolah yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan rata - rata nilai kelas eksperimen 77.6, rata - rata nilai kelas kontrol 51.4. Uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov >0,05 hasil dari kelas eksperimen 0,92, kelas kontrol 0,69 maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi  0,389 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran take and give berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil angket menunjukkan respon siswa setuju terhadap penggunaan model take and give

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196-209.

Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.

Sofiani, I. F., Mushafanah, Q., & Kiswoyo, K. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1),40–45. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.30004.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2), 257.https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/ (diunduh 10 Februari 2022).

Wahyuningsih, S. (2021). Literasi Sains Di Sekolah Dasar Jakarta 2021. Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 15.

uriyani, E. (2017). Literasi Sains Dan Pendidikan. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 13. https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf.

Downloads

Published

2023-07-02

Most read articles by the same author(s)