PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA LAGU MATERI BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDK SANTA MARIA KOTA MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9495Keywords:
Brain Based Learning, Media Lagu, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian eksperimen. Subjek yang ada didalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Santa Maria Kota Madiun yang berjumlah 28 siswa. Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning berbantukan media lagu terhadap hasil belajar siswa materi bangun datar kelas IV SDK Santa Maria Kota Madiun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen didapat sebesar 87,14 dan tidak ada siswa yang tidak tuntas, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol hanya sebesar 69,64. Sesuai perhitungan uji t (Independent Sample t Test) dengan program SPSS 25.0, dengan kriteria pengujian jika nilai sig > 0,05 maka Ho diterima, sedangkan jika nilai sig < 0,05 maka Ho ditolak diperoleh hasil belajar siswa yaitu 0,008 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning Berbantukan Media Lagu terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SDK Santa Maria” diterima.Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahman, A. A., & Kharisudin, I. (2019). An analysis of problem solving ability using mathematical modeling strategies in brain-based learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(3), 173-180.
Susanti, V. D., & Adamura, F. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Brain Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 74-85.
Tarteer, S., & Ismail, I. A. (2020). Investigating the possible reasons beyond students’ low achievement in mathematics in the tawjihi exam: a case study. British Journal of Education, 9(1), 20-41
Wulansari, N. K. A. M. (2020). Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.