UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUKU KATA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indah Fajri Hilmi Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7981

Keywords:

Keyword : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Suku Kata, Pendidikan

Abstract

Membaca berpengaruh besar terhadap kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran terutama pembelajaran berbasis teks, siswa yang tidak mampu membaca dengan baik akan mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran semua mata pelajaran. Kemampuan membaca permulaan anak adalah kemampuan anak memahami teknik membaca dan memahami isi bacaan dengan baik. Salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah dengan menggunakan media suku kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi literatur (library research). Kemampuan membaca permulaan pada anak perlindungan pada enam tahapan aspek kemampuan yaitu: (1) Kemampuan membaca simbol, (2) Kemampuan membaca huruf, (3) Kemampuan membaca Jenis bunyi vokal dan konsonan, (4) Kemampuan menyebutkan bunyi huruf, (5)Kemampuan menyebutkan bunyi huruf membaca suku kata, dan (6) Kemampuan membaca kata. Media Kartu suku kata dapat membantu guru mencapai tujuan intruksional karena selain merupakan media yang murah dan mudah diperoleh, juga dapat meningkatkan keaktifan siswa. Selain itu, pengetahuan dan pemahaman siswa menjadi lebih luas, jelas, dan tidak mudah dilupakan.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, Nina, Paskalia Pradanti, and Yuliana Yuliana. 2022. “Teori Perkembangan Jean Piaget Dan Vygotsky Bagaimana Implikasinya Dalam Perkembangan Matematika Sekolah Dasar?” Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5(1):568–82.

Andini, Selfi Rahmi, Vianes Muliza Putri, Meila Yufriana Devi, and Yeni Erita. 2021. “Mendesain Pembelajaran PKn Dan IPS Yang Inovatif Dan Kreatif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):5671–81. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1760.

Anggraini, Vivi. 2019. “Stimulasi Keterampilan Menyimak Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(1):30–44. doi: 10.19109/ra.v3i1.3170.

Arafik, Muh., and Titis Angga Rini. 2021. “Pengembangan Implementasi Gerakan Literasi Sastra Anak Mampukah Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar?” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 6(2):75. doi: 10.17977/um027v6i22021p075.

Ariyati, Tatik. 2013. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan.” Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta hlm. 8.

Asmonah, Siti. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar.” 8(1):29–37.

Astuti, Ayu Widi, Rizky Drupadi, Ulwan Syafrudin, S. Pg-paud, and Universitas Lampung. 2021. “Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Kemampuan.” 4(1):73–81.

Cahyono, Eko Agus, Sutomo, and Aris Harsono. 2019. “Literatur Review: Panduan Penulisan Dan Penyusunan.” Jurnal Keperawatan 12.

Durrotul, Farro, Samsi Haryanto, and Sri Anitah. 2017. “Model Pembelajaran Terpadu Modifikasi Wolfinger Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Pendidikan Nasional 71–79.

Hasanah, Asratul, and Mai Sri Lena. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Dan Kesulitan Yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar.” 3(5):3296–3307.

Havisa, Shalatsi, and Teguh Yuliandri Putra. 2021. “Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong.” 3(1).

Ilmiah, Jurnal, Pendidikan Prasekolah, Melalui Dinding, and Kata Word. 2017. “INDRIA.” (1):28–44.

Irdawati, Yunidar, and Darmawan. n.d. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 Di Min Buol.” Jurnal Kreatif Online 5(4):1–14.

Izza, Aini Zulfa, Mufti Falah, and Siska Susilawati. 2020. “Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar.” Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020 10–15.

Junindra, Arespi, Hasanatul Fitri, Anggun Radika Putri, Betridamela Nasti, and Yeni Erita. 2021. “Mendesain Pembelajaran IPS Dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):6264–70. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1827.

Murniyati, and Suyadi. 2021. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Sdit Alam Nurul Islam Yogyakarta.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 11:177–92.

Ningrum, Marta, Mujiarti Putri, and Yanti Fitria. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V.” 8.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. 2022. “Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6(3):3639–3648.

Ovavia, Cicilia, Marlina, and Desyandri. 2022. “Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 1 Februari 2022 Pengembangan Media Video Animasi Bersasis Model Sequenced Di Kelas Iv Sekolah Dasar Developing Animated Video Media Based on the Sequenced Model for Grade Iv of Elementary Scho.” 11:9–17.

Pertiwi, Adharina Dian, Pascasarjana Universitas, and Negeri Yogyakarta. n.d. “Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan.” 759–64.

Pramesti, Fitria. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD.” 2(3):283–89.

Rahim, Farida. 2012. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rahmatika, Putri, Sofia Hartati, and Elindra Yetti. 2019. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Metode Pembelajaran Mind Map Dan Bercerita Dengan Gaya Kognitif , Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” 3(2):548–60. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.260.

Ramadanti, Erfiani, and Zuhairansyah Arifin. 2021. “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan.” 4(2):173–87.

Rismawati, Rismawati, Kadek Dewi Wahyuni Andari, and Kartini Kartini. 2020. “Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Suku Kata Dengan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata.” PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar 5(1):41–46. doi: 10.24903/pm.v5i1.460.

Ruhaena. 2008. “Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Pada Anak Prasekolah.” Jurnal Penelitian Humaniora 9(2):192–206.

Salawati, Jians Brian, and Like Suoth. 2020. “Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” 4(1):100–106.

Somadoyo, Samsu. 2011. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukartiningsih. 2004. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar.” Jurnal Pendidikan Dasar 5(1):51–60.

Suyatno, Undi. 2022. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kartu.” 1(1):31–40.

Syatauw, G.R., Solehun, S., & Rumaf, N. 2020. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 2(2):80–86.

Tjoe, Jo Lioe. 2017. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):17–48.

Utami, Sri, and Soraya Dewi. n.d. “Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar.”

Wahidin, Unang, Muhammad Sarbini, and Imam Tabroni. 2022. “Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(03):831. doi: 10.30868/ei.v11i03.3175.

Yampap, Umar, and Suryadin Hasyda. 2021. “Penggunaan Media Kartu Suku Kata Untuk Meningkatkan.” 2(2).

Zulmiyetri, Nurhastuti, and Safaruddin. 2019. “Peniulisan Karya Ilmiah.” 171.

Downloads

Published

2023-06-08

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>