PERKEMBANGAN BAHASA, INTELEKTUAL, EMOSI, DAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mayrisa Undari universitas negeri padang
  • Neviyarni Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri padang
  • Desyandri Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7832

Keywords:

perkembagan, bahasa, inteketual, emosi, sosial, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kemajuan dalam bahasa, intelektual, emosi, dan interaksi sosial pada anak umur sekolah dasar. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan dengan menggunakan tinjauan literatur sebagai metode penelitian. Proses pengumpulan data melibatkan studi dan analisis dokumen yang relevan dengan topik penelitian. Dokumen-dokumen ini termasuk buku dan jurnal yang memberikan wawasan berharga tentang materi yang diteliti. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa peserta didik di sekolah dasar menjalani perkembangan signifikan dalam kecakapan bahasa, kecakapan intelektual, kecerdasan emosional, dan interaksi sosial. Namun, penting untuk dicatat bahwa laju dan tingkat perkembangan ini bervariasi antara anak secara individu. Berbagai faktor, seperti lingkungan keluarga dan sekolah, memainkan peran dalam memengaruhi perkembangan ini. Hasil penelitian ini menjadi sumber daya berharga bagi para guru, memungkinkan mereka untuk merancang pengalaman belajar yang efektif di sekolah dan mengatasi masalah potensial yang mungkin timbul. Oleh karena itu, penelitian ini menawarkan solusi praktis bagi para guru untuk meningkatkan pembelajaran dengan memperhatikan perkembangan peserta didik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana, I. (2008). Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak Dalam Konteks Pendidikan. STAIN Pamekasan, 3(1), 106–120. Retrieved from http://id.portalgaruda.org/index.php?ref= browse&mod=viewarticle&article=2676 46

Harahap, N. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’. Vol 8. No.1

Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Izzaty, R. E. (2008). Perkembangan Anak Umur 7 – 12 Tahun. Jurnal Pendidikan, 1–11.

Jawati, Ramaikis. (2013). Peningkatan Kecakapan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri Di Paud Habibul Ummi Ii. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537

Khaulani, Fatma., Suhaili, Neviyarni., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Latifa, Umi. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.

Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Umur Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Masriani, M., & Istikomah, I. (2020). Urgensi Manajemen Kelas pada Pendidikan Dasar. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 158–172. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.132

Matt Jarvis, Teori-Teori Psikologi, Cet. X, Bandung: Nusa Media, 2011, hal. 142

Nuryati. (2017). Perkembangan intelektual pada anak umur dini. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Umur Dini, 2(2), 59–78. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1346

Priatna, Dudung. (2016). Pembelajaran Matematika Membangun Konservasi Materi Pembekajaran. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2788

Rinesti. (2010). Analisis Perkembangan Kognitif Tercapai pada Siswa Umur Dasar. MAGISTRA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dan Kesilaman, 6(1), 87-108.

Silawati, E. (2016). Simulasi Guru Pada Pembelajaran Anak Umur Dini. Ilmu Pendidikandikan.

Sumantri, M. 2014. Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Suriadi, & Yuliani, rita. (2006). Asuhan Keperawatan Pada Anak. Jakarta: Sangung Setia.

Surna, Nyoman, I., & Pandeirot, D, O. (2014). Psikologi Pendidikan 1 (A. Maulana, ed.). Jakarta: Erlangga.

Tusyana, E., & Trengginas, R. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Iventa, 3(1), 18–26.

Yusuf, & Samsu. (2006). Pengertian Dan Ciri-Ciri Perkembangan. 30(3), 243–250.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Downloads

Published

2023-06-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>