UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS AIR DENGAN MEDIA DIGITAL QUIZIZZ PAPER MODE PADA SISWA KELAS V DI SDN BANDAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Yussi Sinta Dewi Universitas PGRI Madiun
  • Sardulo Gembong Universitas PGRI Madiun
  • Sunarti SDN Bandar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7690

Abstract

ABSTRACT Classroom action research was conducted at SDN Bandar Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan to improve students' understanding of the concept of the water cycle in science. The research was carried out on 14 fifth grade students from March to May 2023, using the digital media Quizizz Paper Mode as a learning tool. The research was conducted using the Kemmis and Mc-Taggart model, which includes planning, execution, observation, and reflection, with data sources from students and class teachers, as well as data on students' understanding of the concept of the water cycle in science before and during the action. The researchers made students active in the learning process to discover things. The results showed that through the digital media Quizizz Paper Mode, students' understanding of the concept of science improved, with the percentage of students' understanding of the concept increasing from 35% in the pre-cycle to 60% in cycle I and 100% in cycle II. The implication of this research is that the digital media Quizizz Paper Mode is very effective in helping to improve students' understanding of the concept of science and their learning outcomes, especially for fifth-grade students at SDN Bandar. Classroom action research can also be an effective alternative to improve the quality of learning and students' learning outcomes. The use of digital media can help teachers to improve the quality of learning and students' learning outcomes, as well as help students to better understand the material being studied and achieve better results in the learning process. Keywords: Digital media Quizizz Paper Mode, Students' Conceptual Understanding, Science in Elementary School ABSTRAK Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN Bandar Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa materi siklus air. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDB Bandar Kecamatan Sukonoro Kabupaten Magetan yang terdiri dari 14 siswa yang dilaksanakan dari bulan Maret - Mei 2023 dan dengan menggunakan media digital Quizizz Paper Mode sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan model Kemmis dan Mc-Taggart yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dengan sumber data dari siswa dan guru kelas, serta data nilai pemahaman konsep IPA siswa materi siklus air pra siklus dan saat tindakan. Peneliti menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran untuk menemukan sesuatu, selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media digital Quizizz Paper Mode, pemahaman konsep IPA siswa meningkat dan presentase pemahaman konsep IPA siswa meningkat dari pra siklus 35% menjadi siklus I 60% dan siklus II 100%. Implikasi dari penelitian ini adalah media digital Quizizz Paper Mode sangat efektif digunakan untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam memperoleh hasil pembelajaran, khususnya siswa kelas 5 SDN Bandar. Penelitian tindakan kelas ini juga dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penggunaan media digital ini dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa serta membantu siswa untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari dan mencapai hasil yang lebih baik dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Media digital Quizizz Paper Mode, Pemahaman Konsep siswa, IPA SD  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Samatowa, U. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok raja Grafindo Persada

Jurnal :

Rusman. (2010). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Sinar Baru Algedindo.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui media Game Edukasi Quizizz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 145-150.

Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA melalui Metode Demonstrasi Di Kelas VB SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 143-152.

Nurhayari, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 145-150.

Pusti, R. S. (2021). “PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR”(Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 9 Bandung). Doctoral Disertation FKIP UNPAS.

Downloads

Published

2023-05-28

Most read articles by the same author(s)