PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS DI KELAS IV SD NEGERI KLITIK MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING BERBANTUKAN MEDIA JENDELA INFORMASI

Authors

  • Jashinta Kurnia Siswanta Universitas PGRI Madiun
  • Nur Samsiyah PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Sunarti SD Negeri Klitik

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7820

Keywords:

Keywords: critical thinking, brainstorming method, science window media, Kata Kunci: bernalar kritis, metode curah pendapat, media jendela informasi

Abstract

ABSTRACT This study aims to improve the ability of fourth grade students at SD N Klitik in critical thinking using the brainstorming method with the help of science window media on the social subject "Indonesiaku Kaya Budaya". The method used in this research is classroom action research consisting of 2 cycles with the instruments used are critical reasoning rubrics and the results of working on evaluation sheets. The research subjects were fourth grade students at SD N Klitik. The results showed that in cycle 1 the average score of students from evaluation questions was around 18,18 and a rubric score of 34,84% from observation during learning activities. Furthermore, in cycle 2, the average student score on evaluation questions increased to 31,36 points, which was around 49,54 and the rubric score also increased to 35,61 points, which was 70,45 %. Thus, the use of the brainstorming method with the help of science window media has succeeded in increasing critical reasoning skills in analyzing solutions to the problem of the lack of recognition of Indonesian culture in the younger generation of fourth grade students at SD N Klitik.   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD N Klitik dalam bernalar kritis dengan menggunakan metode brainstorming bantukan media jendela informasi pada mata pelajaran IPAS “Indonesiaku Kaya Budaya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan instrumen yang digunakan adalah rubrik penalaran kritis melalui kegiatan observasi dan hasil nilai pengerjaan lembar evaluasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Klitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian awal sebelum diberikan treatmen, skor rata-rata siswa dari soal evaluasi sekitar 18,18 dan skor rubrik 34,84% dari observasi selama kegiatan pembelajaran. Selanjutnya pada siklus 2 rata-rata skor siswa pada soal evaluasi meningkat menjadi 31,36 poin yaitu sekitar 49,54 dan skor rubrik juga meningkat menjadi 35,61 poin yaitu 70,45%. Dengan demikian, penggunaan metode brainstorming dengan berbantukan media jendela informasi berhasil meningkatkan kemampuan penalaran kritis dalam menganalisis solusi permasalahan kurang dikenalnya budaya Indonesia pada generasi muda siswa kelas IV SD N Klitik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, D. N. F. (2016). Penerapan metode Curah Gagasan (Brainstorming) untuk meningkatkan kemampuan menemukan pendapat siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah PPS : UNJ Vol. 5 No.2

Bradley, S. Price, N. (2016). Critical Thinking – Proven Strategies To Improve Decision Making, Skill Intuition And Think Smarter!. Kindle Edition

Butterworth, J. & Thwaites, G. (2013). Thinking Skills – Critical Thinking and Problem Solving Second Edition. New York: Cambridge University Press

Higgins, J. M (1994). 101 Creative Problem Solving Teachnique. United States of America: New Management Publishing Company, Inc.

Hudson, Ken. 58 Tips to Design and Run An Awesome Brainstorming Session. https://drkenhudson.com/wp-content/uploads/2016/09/Brainstorming-e-book.pdf

Khairani, V. F., & Putra, B. Y. G. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Melalui Model Pembelajaran Matematika Knisley Dengan Metode Brainstorming. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(1), 1-16.

Nurkholis, Vina. (2020). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Media Berbasis Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Di Kelas VB Sekolah Dasar Pekanbaru. Skripsi diterbitkan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, Sarjana, Tarbiyah dan Keguruan

Nuryaqli, Ratmi. (2019). Evektivitas Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Menulis Murid Kelas V SD Inpres Botomanai Kecamatan Tamalate Kota Makasar Skripsi diterbitkan. Kota Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar, Sarjana, Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Schuster, Steven (2018). The Art Of Thinking In System. USA: United Stated Copyright Act

Sekarwulan, K. & Josephine, D. (2022). Mata Kuliah Design Thinking Cetakan 1. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Siegel, J. D. (2013). Brainstorm - The Power And Purpose Of The Teenage Brain. New York: the Penguin Group Penguin Group (USA) LLC

Silberman, L. M (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Terjemahan Raisul Muttaqien). Bandung : Penerbit Nuansa

Tim Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud (2017). Modul Diklat Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (PTK). Depok : Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud

Yusria. & Budiarta, Eksa (2018). Brainstorming Sebagai Metode Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Research Journals: Educational Research. 3(2). 46-50

Zakiah, Linda. & Lestari, Ika. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi

Downloads

Published

2023-05-28