PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DI SDN BIBIS KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Nisfi Nahari Sani Hidayati Unversitas PGRI Madiun
  • Sardulo Gembong Universitas PGRI Madiun
  • Andi Juwari SDN Bibis

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7692

Abstract

ABSTRACT   Science is one of the lessons in elementary school. In this lesson, students often have difficulty understanding science concepts, especially in the subject of Temperature and Heat. This study aims to increase the understanding of the concept of natural science in the material Temperature and Heat. The improvement procedure is carried out through learning using the Wordwall learning media. The research location was at SDN Bibis, Magetan Regency, in the even semester of the 2022/2003 school year. The type of research used is Classroom Action Research (CAR). The research cycle consists of 2 cycles. The research subjects were selected in class V students with a total of 10 students. The results showed that the average percentage of conceptual understanding indicators in cycle I was 60.8% and in cycle II 83.3%. The results of the science concept understanding test obtained were in the form of an average grade of 65 in the results of cycle I and 81 in cycle II. The percentage of students who achieved KKM in cycle I was 60% and 80% in cycle II. The conclusion from the results of this study is that the Wordwall learning media can improve understanding of the science concept in the subject of Temperature and Heat. Keywords: Concept Understanding, Science Learning, Wordwall Learning Media   ABSTRAK   IPA merupakan salah  satu pembelajaran di SD. Pada pembelajaran ini peserta didik sering mengalami kesulitan memahami konsep IPA, terutama pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi Suhu dan Kalor. Prosedur peningkatan dilakukan melalui pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall. Tempat penelitian di SDN Bibis Kabupaten Magetan pada semester Genap  Tahun Pelajaran 2022/2003.  Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian yang dipilih pada peserta didik  kelas V dengan jumlah 10 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase pencapaian indikator pemahaman konsep  pada siklus I sebesar 60,8% dan di siklus II 83,3%. Hasil tes pemahaman konsep IPA yang diperoleh berupa nilai rata-rata kelas 65 pada hasil siklus I dan 81 pada siklus II. Persentase peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 60% dan 80% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran Wordwall dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA materi Suhu dan Kalor. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPA, Media Pembelajaran Wordwall

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281 /zenodo.5244716

Djamaluddin, A. & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center

Jafar, Amria. 2022. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V Melalui Metode Demonstrasi Pada MIS Mareku. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. e-ISSN: 2807-8632

Maliasih, Hartono, & Nurani P. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan UNNES, 3 (2), diakses online pada 20 April 2023 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Mujahidin, A. A., Unik, H., S., dan Aisyah L. H. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1 (2), diakses online 22 April 2023 pada https://journal.universitas pahlawan.ac.id/index.php/Innovative/article/download/3109/2041/9926

Nahdi, D. S., Devi, A. Y., & Nurul, F. A.. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Universitas Majalengka Vol. 4 No.2. p-ISSN: 2442-7470 e-ISSN: 2579-4442

Ningsih, D. S., 2019. Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas Vb SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, .4 (1), http://online-journal.unja.ac.id/ index.php/gentala

Rahayu, Yuyun & Heni, P. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta didik SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus dI SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3 (2), ISSN 2548-2297

Risalah, A., Ibad, W., Maghfirroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., dan Ulfayati, Z. A. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1 (1), diakses online 20 April 2023, http://jiees.alkhoziny. ac.id/index.php/jeies

Risky, S. M. 2019. Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28 (2), 73–79. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/

Savira A. & Rudy G. 2022. Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), DOI:https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332

Suryani, Ela. 2018. Profil Kesalahan Pemahaman Konsep Cahaya pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9 (1), ISSN: 2087-9385 (print) dan 2528-696X (online), http://jurnal.umk.ac.id/ index.php/RE

Susanti, et al. 2021. Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Peserta didik Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Downloads

Published

2023-05-29