PENGARUH MODEL SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Dhea Putri Trismia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7512

Keywords:

Model SAVI, Keterampilan Menulis Puisi, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis puisi siswa dalam kurikulum Merdeka Belajar di SDN Simoketawang kabupaten Sidoarjo. Jenis dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif dengan bantuan SPSS versi 26. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Simoketawang dengan jumlah 30 siswa, karena populasinya kecil dan semua populasi dijadikan sampel maka dapat menggunakan model pengambilan sampling jenuh. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis (paired t-test), uji eta squared. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa sebelum diterapkan model SAVI rata-rata pretest siswa adalah 58.50, sedangkan setelah diterapkan model SAVI meningkat menjadi 84.00 pada rata-rata nilai posttestnya, artinya terdapat perbedaan pada nilai pretest dan posttest. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dimana nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05 Sehingga pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model SAVI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV tepatnya pada kurikulum Merdeka Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, D. N., Fitriana, N. A., & Hajron, H. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Mind Mapping pada siswa kelas VI SD Negeri Ketangi. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID%0APeningkatan

Ayu, G., Cemara, G., & Sudana, D. N. (2019). gautama,+13.+Gusti+Ayu+Gita+Cemara+351-360. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 351–360. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Becker, L. A. (2000). Effect Size (ES). In (online). http://web.uccs.edu/lbecker/Psy590/es.htm

Cahyani, S. D., & Sukidi, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Candipari 1 Sidoarjo. Jpgsd, 6(12), 2159–2168.

Herawati, S., Mayasari, L. I., & Ayuningrum, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mendeklamasikan Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Somatis , Auditori , Visual , dan Intelektual ( SAVI ). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 21, 742–750. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1489

Hsb, A. A. (2018). Kontribusi lingkungan belajar dan proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Jurnal Tarbiyah, XXV(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.365

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Ilmi Faried, A., Arpan, A., Hakim, H. F., Wirapraja, A., Saputra, D. H., Sugianto, S., Jamaludin, Jamaludin Arifah, F. N., Pinem, W., Purnomo, A., Saragih, L. M. S., Napitupulu, D., & Vinolina, N. S. (2020). Teaching from home: Dari belajar merdeka menuju merdeka belajar. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=CcDZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA12&dq=Mastuti,+R.,+Maulana,+S.,+Iqbal,+M.,+Faried,+A.+I.,+Arpan,+A.,+Hasibuan,+A.+F.+H.,+...+%26+Vinolina,+N.+S.+(2020).+Teaching+from+home:+Dari+belajar+merdeka+menuju+merdeka+belajar

Metalin Ika Puspita, A., Budi Santosa, A., Basuki, Y., Dwi Purnomo, Y., & Nuriadin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 197–207. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2037

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

Nichols, W. D., Rasinski, T. V., Rupley, W. H., Kellogg, R. A., & Paige, D. D. (2018). Why Poetry for Reading Instruction? Because It Works! Reading Teacher, 72(3), 389–397. https://doi.org/10.1002/trtr.1734

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Rahmawati, R., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(3), 4574–4581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2897

Sihombing, E. T., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual). Prosiding …, 53–60. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1241%0A

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). ALFABETA, cv.

Tarigan, G. H. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Edisi Revisi. Angkasa.

Yulianingsih, A., Kartono, & Pratomo, H. (2022). Pengaruh alma labu mode savi untuk pencapaian kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Profesi Keguruan, 8(2), 193–201. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Yurmaita, & Wardani, D. S. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa sd kelas iv dengan menggunakan model savi. Journal of Elementary Education, 04(04), 615–623. https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5529

Downloads

Published

2023-07-01