PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERSERU (BELAJAR DENGAN SERU) BERBASIS ANDROID PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Wahida Sarifuddin Universitas Negeri Jakarta
  • Arita Marini PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Rosinar Siregar PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7155

Abstract

media pembelajaran yaitu, Game edukasi berbasis android pada muatan pelajaran IPS di kelas V sekolah dasar pada materi karakteristik kondisi geografis Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data terdiri dari 3 orang ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil dari ahli media menunjukkan skor 81,67% dengan kategori sangat baik, hasil ahli materi menunjukkan skor 91,67% dengan kategori sangat baik, serta hasil dari ahli bahasa menunjukkan skor 87,5% dengan kategori sangat baik. Setelah mendapatkan skor dari dari ahli serta saran dan kritik, pengembang merevisi game edukasi untuk diuji cobakan. Game edukasi diuji cobakan kepada peserta didik secara one to one, small group, dan field test. Hasil uji coba one to one menunjukkan skor 83,3% dengan kategori sangat baik, hasil uji coba small group menunjukkan skor 87,3% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji coba field test menunjukkan skor 85,1% dengan kategori sangat baik. Serta hasil uji efektivitas menunjukkan skor rata-rata N-gain yang diperoleh sebesar 0,75 dengan kategori cukup efektif. Jadi game edukasi yang didesain ini terbukti layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnyana, I. B. P. (2019). PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI 4C(COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING DANCREATIVE THINKING) UNTUKMENYONGSONG ERA ABAD 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829/567

Dwi, C., & Rohmanurmeta, F. M. (2019). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar. UNIPMA PRESS.

Hanifah, N. (2015). Ragam Mokdel Pembelajaran di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press.

Harahap, N. S. (2012). Android; Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Penerbit Informatika.

Henry, S. (2010). Cerdas dengan game: Panduan praktis bagi orang tua dalam mendampingi anak bermain game. In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, H. (2020). PEMBELAJARAN ERA 4.0 Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter, Keterampilan Abad 21, HOTS, dan Literasi dalam Perspektif Merdeka Belajar.

Lubis, T. N., & Arafat, M. (2018). Konsep Dasar IPS. Samudra Biru.

Novianti, R., Maria, I., & Riau, U. (2019). GENERASI ALPHA-TUMBUH DENGAN GADGET DALAM GENGGAMAN Prodi PG PAUD FKIP. Pendidikan & Sosial, 8(2), 65–70.

Nurhasanah, A., & Indrajit, R. E. (2021). Parenting 4.0-Mengenali Pribadi dan Potensi Anak Generasi Multiple Intelligences. Penerbit ANDI.

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11364

Tri Samiha, Y. (2017). Interactive Learning In Social Studies. Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 89–97.

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD. Jurnal INFORM, 1(1), 1–8.

Wadi, H. (2018). Pemrograman Android Untuk Pelajar & Mahasiswa : Belajar & Praktek Langkah Demi Langkah. TR Publisher.

Widoretno, S., Setyawan, D., & Mukhlison. (2021). Efektifitas Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak. Transformasi Pembelajaran Nasional, 1, 287–295.

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(2), 1027–1038. https://media.neliti.com/media/publications/450027-none-c9d9d63f.pdf

Yasir, M., & Susilawati. (2021). Pendidikan Karakter Pada Generasi Alpha : Tanggung Jawab, Disiplin, dan Kerja Keras. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(03), 311–312.

Yulianto, F., Utami, Y. T., Ahmad, I., & Teknik, F. (2018). Game edukasi buah buahan Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika | 243. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 7, 242–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/15554

Downloads

Published

2023-05-20