PENGUNAAN APLIKASI MERDEKA MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH PENGGERAK

Authors

  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6404

Keywords:

Merdeka Mengajar, Hasil Belajar, Sekolah Penggerak

Abstract

The aim of the study to determine the effect of using the application independent teaching on the learning outcomes of fourth grade at the Palurahan 2 Public Elementary School, Pandeglang Regency which has been included in the driving school program since 2021. A total of 32 elementary school students were the samples in this study which separated into control class and experimental class. The method in research is quasi experimental (quasi experimental) using the (Nonequivalent control group design) technique through pretest and posttest instruments to see student learning outcomes. The results of the homogeneity test calculation using SPSS software version 26 for OS score Sig.0,000 ≤ α(0,05) shows the change and influence of independent teaching applications on learning outcomes which are homogeneous. The results obtained from the calculation also obtained a significance value (2-tailed) independent teaching applications on student learning outcomes showing the number 0,000 ≤ 0,05, then accept Ha and reject H0. The results of the conclusions obtained indicate that there is an influence of using independent teaching applications to improve student learning outcomes in driving schools.   Penelitian memiliki tujuan mengetahui pengaruh pengunaan aplikasi merdeka mengajar pada hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Palurahan 2 kabupaten pandeglang yang telah masuk dalam program sekolah penggerak sejak tahun 2021. Sebanyak 32 siswa menjadi sampel dalam penelitian ini yang dibagi kedalam kelas kontrol dan kelas eksperiman. Metode dalam penelitian dengan eksperimen semu (quasi eksperimental mengunakan teknik Nonequivalent control group design melalui instrument pretest dengan posttest unutuk melihat hasil belajar siswa. Hasil pada perhitungan uji homogenitas yang menggunakan software SPSS versi 26 for OS nilai Sig. 0,000 ≤ α (0,05) menunjukan perubah dan pengaruh aplikasi merdeka mengajar terhadap hasil belajar yang bermakna homogen. Hasil perhitungan juga diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) aplikasi merdeka mengajar terhadap hasil belajar siswa menunjukan angka 0,000 ≤ 0,05, maka terima Ha dan tolak H0. Hasil perhitungan tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan aplikasi merdeka mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sekolah pengerak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1139

Evitasari Aris, I., Wijaya, S., & Ilannur, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Atraktif Ropibel Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sdn Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 62–73. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.3714

Muthmainnah, S. (2022). Kepala Sekolah Melalui Program Sekolah Penggerak di SD Emirattes Islamic School Bintaro Pesanggrahan dan SDI Al-Azhar 5. Institut Ilmu Al Quran Jakarta.

Pamungkas, C., & Khumaedi, D. M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Media Model Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Proyeksi Ortogonal. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 21(1), 40–44.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069

Pertiwi, R., Suchyadi, Y., . S., & Handayani, R. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994

Pratiwi, I. (2019). PISA Effect On Curriculum In Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51.

Ruminten, Pangestu, W. T., & Supriyanto, D. H. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola SDN Kedunggalar 4 dan SDN Bangunrejo Kidul 4 Kecamatan Kedunggalar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 95–106.

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.

Suchyadi, Y., & Karmila, N. (2019). the Application of Assignment Learning Group Methods Through Micro Scale Practicum To Improve Elementary School Teacher Study Program College Students’ Skills and Interests in Following Science Study Courses. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 3(2), 95–98. https://doi.org/10.33751/jhss.v3i2.1466

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Syafi’i. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.

Wijaya, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 90–104.

Wisnujati, N. S., Sitorus, E., Anggusti, M., Ramadhani, R., Cendana, W., Marzuki, I., Simarmata, A., Tjiptadi, D. D., Bachtiar, E., Sari, D. C., Sari, I. N., Jamaludin, J., Sakirman, S., Grace, E., Hastuti, P., Ramadhani, Y. R., Purba, A., Prihatmojo, A., Firdaus, E., … Cahyadin, W. (2021). Merdeka Belajar Merdeka Mengajar.

Downloads

Published

2022-12-28

Most read articles by the same author(s)