PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ATRAKTIF ROPIBEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN SINGAPADU KECAMATAN CURUG KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.3714Keywords:
Media atraktif ROPIBEL, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran atraktif ROPIBEL terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Singapadu kecamatan curug kota serang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang. Peneliti mengambil sampel kelas IV berjumlah 37 orang. Teknik pengambilan sampel memakai sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan perbandingan hasil pretest dan postest yaitu kemampuan pretest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 39,45 yaitu hanya 3 dari 37 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM sedangkan kemampuan postest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 71,89 yaitu sebanyak 34 dari 37 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM sehingga mendapatkan nilai presentase 91,8 %. Teknik analisis data menggunakan uji “t". Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil pengujian uji “t” terhadap hasil belajar pretest dan posttest diperoleh thitung = -12.108 sedangkan ttabel dengan df 72 pada taraf signifikan yaitu 0,000. Dengan demikian nilai signifikasi 0.000 < 0.05 yang berarti kerja (H1) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran atraktif ROPIBEL terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS siswa di SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang.Downloads
References
Dananjaya, Utomo.2017. Media Pembelajaran Aktif. Bandung. Nuansa Cendekia
Nursalam. 2016. Strategi Belajar Mengajar IPS. Situbondo. CV Garuda Mas Sejahtera
Pramesti, Getut. 2017. Statistika Penelitian dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia
Rawambaku, Hendrik. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Penerbit Libri PT. BPK Gunung Mulia
Riduan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung. Alfabeta
Rojuli, Subkhan. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Surabaya. CV. Garuda Mas Sejahterap
Sari, R. F. 2017. Hubungan Pengetahuan Guru Tentang Manajemen Pembelajaran dengan Kinerja Guru di MTS Negeri 2 Medan. Vol. 1. No. 1. ISSN 3459-2461
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta. Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)
Soenarjo, R.J dan Ade Munajat. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Suhada, H. Idad. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta
Suryani N, Setiawan A, dan Putria A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset
Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS (Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah). Yogyakarta. Ar Ruzz Media
Whitehead, Alfred North. 2018. Tujuan Pendidikan Esensi dan Aspek-Aspek Filosofis. Bandung. Nuansa Cendekia
Wicaksono, A.S. 2018. Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta
Widaryat, Wowon. 2016. Panduan Penilaian SD. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Raharjo, Sahid. Cara Melakukan Uji Homogenitas dengan SPSS Beserta Contoh Lengkap. 10 April 2020.
https://www.spssindonesia.com/2 014/02/uji-homogenitas-dengan- spss.html
Raharjo, Sahid. Cara Melakukan Uji Normalitas Kolomogrov Sminrnov dengan SPSS Beserta Contoh Lengkap. 10 April 2020.
https://www.spssindonesia.com/2 014/01/uji-normalitas- kolmogorov-smirnov-spss.html
Fiteriani I, dan Baharudin. 2017. Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasi pada Materi IPA di MIN Lampung. Vol. 4, No. 2 : 2355-1925
Widyastuti Erawati. 2015. Penggunaan ROPITA (Roulette Pintar) untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Pengalaman pada Siswa Tunarungu, Vol. 2, No. 3 : 51-63