PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ATRAKTIF ROPIBEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN SINGAPADU KECAMATAN CURUG KOTA SERANG

  • Ika Evitasari Aris Universitas Primagraha
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Nadia Ilannur Universitas Primagraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran atraktif ROPIBEL terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Singapadu kecamatan curug kota serang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang. Peneliti mengambil sampel kelas IV berjumlah 37 orang. Teknik pengambilan sampel memakai sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan perbandingan hasil pretest dan postest yaitu kemampuan pretest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 39,45 yaitu hanya 3 dari 37 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM sedangkan kemampuan postest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 71,89 yaitu sebanyak 34 dari 37 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM sehingga mendapatkan nilai presentase 91,8 %. Teknik analisis data menggunakan uji “t". Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil pengujian uji “t” terhadap hasil belajar pretest dan posttest diperoleh thitung = -12.108 sedangkan ttabel dengan df 72 pada taraf signifikan yaitu 0,000. Dengan demikian nilai signifikasi 0.000 < 0.05  yang berarti kerja (H1) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran atraktif ROPIBEL terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS siswa di SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 3, 2021
How to Cite
ARIS, Ika Evitasari; WIJAYA, Sastra; ILANNUR, Nadia. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ATRAKTIF ROPIBEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN SINGAPADU KECAMATAN CURUG KOTA SERANG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 62 - 73, july 2021. ISSN 2548-6950. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/3714>. Date accessed: 24 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v6i1.3714.