PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ATRAKTIF ROPIBEL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN SINGAPADU KECAMATAN CURUG KOTA SERANG

Authors

  • Ika Evitasari Aris Universitas Primagraha
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha
  • Nadia Ilannur Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.3714

Keywords:

Media atraktif ROPIBEL, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran atraktif ROPIBEL terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Singapadu kecamatan curug kota serang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk desain one-group pretest posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang. Peneliti mengambil sampel kelas IV berjumlah 37 orang. Teknik pengambilan sampel memakai sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan perbandingan hasil pretest dan postest yaitu kemampuan pretest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 39,45 yaitu hanya 3 dari 37 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM sedangkan kemampuan postest pada siswa dengan rata-rata hasil belajar 71,89 yaitu sebanyak 34 dari 37 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM sehingga mendapatkan nilai presentase 91,8 %. Teknik analisis data menggunakan uji “t". Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil pengujian uji “t” terhadap hasil belajar pretest dan posttest diperoleh thitung = -12.108 sedangkan ttabel dengan df 72 pada taraf signifikan yaitu 0,000. Dengan demikian nilai signifikasi 0.000 < 0.05  yang berarti kerja (H1) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran atraktif ROPIBEL terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS siswa di SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dananjaya, Utomo.2017. Media Pembelajaran Aktif. Bandung. Nuansa Cendekia

Nursalam. 2016. Strategi Belajar Mengajar IPS. Situbondo. CV Garuda Mas Sejahtera

Pramesti, Getut. 2017. Statistika Penelitian dengan SPSS 24. Jakarta. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia

Rawambaku, Hendrik. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Penerbit Libri PT. BPK Gunung Mulia

Riduan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung. Alfabeta

Rojuli, Subkhan. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Surabaya. CV. Garuda Mas Sejahterap

Sari, R. F. 2017. Hubungan Pengetahuan Guru Tentang Manajemen Pembelajaran dengan Kinerja Guru di MTS Negeri 2 Medan. Vol. 1. No. 1. ISSN 3459-2461

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta. Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)

Soenarjo, R.J dan Ade Munajat. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Suhada, H. Idad. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta

Suryani N, Setiawan A, dan Putria A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS (Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah). Yogyakarta. Ar Ruzz Media

Whitehead, Alfred North. 2018. Tujuan Pendidikan Esensi dan Aspek-Aspek Filosofis. Bandung. Nuansa Cendekia

Wicaksono, A.S. 2018. Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Widaryat, Wowon. 2016. Panduan Penilaian SD. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Raharjo, Sahid. Cara Melakukan Uji Homogenitas dengan SPSS Beserta Contoh Lengkap. 10 April 2020.

https://www.spssindonesia.com/2 014/02/uji-homogenitas-dengan- spss.html

Raharjo, Sahid. Cara Melakukan Uji Normalitas Kolomogrov Sminrnov dengan SPSS Beserta Contoh Lengkap. 10 April 2020.

https://www.spssindonesia.com/2 014/01/uji-normalitas- kolmogorov-smirnov-spss.html

Fiteriani I, dan Baharudin. 2017. Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasi pada Materi IPA di MIN Lampung. Vol. 4, No. 2 : 2355-1925

Widyastuti Erawati. 2015. Penggunaan ROPITA (Roulette Pintar) untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Pengalaman pada Siswa Tunarungu, Vol. 2, No. 3 : 51-63

Downloads

Published

2021-07-03