PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS ANDORID PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lutfiah Nurul Janah Universitas Negeri Jakarta
  • Arifin Maksum Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jakarta
  • Rosinar Siregar Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7156

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sumber belajar yaitu, E-Magazine berbasis android pada muatan pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar pada materi sumber daya alam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data terdiri dari 3 orang ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil dari ahli media menunjukkan skor 86,7% dengan kategori sangat baik, hasil ahli materi menunjukan skor 95,3% dengan kategori sangat baik , serta hasil dari ahli bahasa menunjukkan skor 86% dengan kategori sangat baik. Setelah mendapatkan skor dari ahli serta saran juga kritik. Pengembang merevisi E-Magazine untuk diuji cobakan, E-Magazine diuji cobakan kepada peserta didik secara one to one, small group, dan field test. Hasil uji coba one to one menunjukan skor 94,2% dengan kategori sangat baik, hasil uji coba small group menunjukan skor 95% dengan kategori sangat baik, lalu uji coba field test  menunjukan skor 95,1% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pengembengan E-Magazine berbasis android pada muatan pelejaran IPS kelas IV Sekolah Dasar menghasilkan sumber belajar IPS berupa E-Magazine berbasis android yang valid dan layak digunakan pada muatan pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdareza, M. Y., Yuanita, P., & Maimudah. (2020). Journal of Educational Sciences. Enhancing Science Process Skills through Conceptual Teaching and Learning Related to Water-Savings and Natural Events Concept, 4(1), 146–152.

Akbar, R., & Mukminan. (2019). Biology E-Magazine Development in Human Respiratory System Topic for Grade VIII of Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012010

Boeriswati, E., Usman, H., & Rafiqa, S. (n.d.). Multimedia-Based English Language Learning Interventions Programs For Elementary Grades.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). MEMAHAMI PERKEMBANGAN ANAK GENERASI ALFA DI ERA INDUSTRI 4.0. 2(2), 178–186.

Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII.

Hamka, W. A., & Gani, A. (2016). ARCHITECTURE WEB-BASED EDUCATIONAL GAME and ANDROID USING ADOBE FLASH CS5 and ACTION SCRIPT 3.0. In IJIS Indonesian Journal on Information System (Vol. 1, Issue 2).

Herijanto, B. (2012). Journal of Educational Social Studies PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPS MATERI BENCANA ALAM. In JESS (Vol. 1, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Jariati, E., & Yenti, E. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. In JNSI: Journal of Natural Science and Integration (Vol. 3, Issue 2).

Leviani Indrayana, M., Aryanto, H., Christianna, A., Studi Desain Komunikasi Visual, P., & Seni dan Desain, F. (n.d.). PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KARAKTER PADA GENERASI ALFA.

Linda, R., Herdini, H., S, I. S., & Putra, T. P. (2018). Interactive E-Module Development through Chemistry Magazine on Kvisoft Flipbook Maker Application for Chemistry Learning in Second Semester at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 2(1), 21. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i1.12933

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3073

Nasution Padli, M. I. (2013). Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal di Kota Medan Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasiona Informatika, 1–14.

Novia Arifin, A., Bahri, A., Palennari, M., & Saputra, Y. (n.d.). Pengembangan Sumber Belajar Genetika Berbasis E-Magazine Bagi Siswa SMA.

Novtasya Arfysta Puri, D. (2019). Pengembangan E-Magazine Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 1 Kota Jambi Development of E-Magazine Chemical Equilibrium Material in SMAN 1 Jambi City. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.6733

Paulins, N., Balina, S., & Arhipova, I. (2015). Learning content development methodology for mobile devices. Procedia Computer Science, 43(C), 147–153. https://doi.org/10.1016/j.procs.2014.12.020

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI ERA INDUSTRI 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. 16(1).

Saraswati, S., Linda, R., & Herdini, H. (2019). Development of Interactive E-Module Chemistry Magazine Based on Kvisoft Flipbook Maker for Thermochemistry Materials at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i1.18166

Sari, R. D., Agustini, R., & Widodo, W. (2021). Studies in Learning and Teaching Studies in Learning and Teaching The Effectiveness of Science E-Magazine of Socioscientific Issues-Based Inquiry Model to Improve Critical Thinking Skill of Junior High School Students. 2(3), 10–20. https://doi.org/10.46627/silet

Sulianta, F. (2019). Sepuluh Tema yang Menjadi Standar Kurikulum Untuk Program Studi Sosial Versi NCSS.

Syafii, W., & Gusnia Putri, D. (2021a). E-Magazine Based on Augmented Reality Digestive as Digital Learning Media for Learning Interest. Journal of Education Technology, 5(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jet.v5

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. In Desember (Vol. 1, Issue 2).

Downloads

Published

2023-05-20