MENUMBUHKAN KETERAMPILAN HOTS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN OKU TIMUR MELALUI GUIDED NOTE TAKING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Alfiah Nursangadah Kritia Saputri UIN Sunan Kalijaga
  • Istiningsih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sapri UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6808

Keywords:

Menumbuhkan, Keterampilan, HOTS

Abstract

Kapasitas untuk menghasilkan, memahami, dan memodifikasi pengalaman untuk mengatasi masalah adalah bagian penting dari HOTS, menjadikannya lebih dari sekadar kegiatan menghafal dan transmisi. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di kabupaten Oku. Bersifat kualitatif, menggunakan data deskriptif berupa informasi kata dari sumber-sumber yang telah ditentukan secara keseluruhan, dan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar upaya yang dilakukan instruktur kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Oku Timur untuk memastikan siswanya mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang kuat melalui pembelajaran tema. Pencatatan terpandu dan penerapannya. Siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Oku Timur, Indonesia, menunjukkan perilaku berikut dalam kaitannya dengan studi mereka tentang bahasa dan budaya Indonesia: (1) mereka kadang-kadang tidak dapat menyampaikan makna materi yang telah dipelajari; (2) mereka tidak mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang diajarkan ketika diberi kesempatan untuk melakukannya, tetapi ketika guru mengajukan pertanyaan, mereka cenderung singkat. (3) Tidak hanya murid tidak dapat mengkomunikasikan pandangan mereka secara efektif, tetapi mereka juga sering mengalami kesulitan saat melakukan hal-hal yang mereka anggap menantang. Dalam keadaan ini, siswa cenderung tidak secara aktif terlibat dalam, dan merenungkan, pembelajaran mereka sendiri. Mendorong pengembangan cara berpikir yang lebih kompleks dan orisinal, catatan terpandu dapat menjadi bentuk instruksi yang efektif. Sebagai pendekatan alternatif, pencatatan terbimbing dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui penggunaan metodologi pembelajaran aktif. Metode ini dipilih karena dapat digunakan secara efektif di kelas yang menantang keterampilan berpikir kritis siswa. Metode ini bekerja dengan baik dengan data, teks, dan prosedur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Annuuru, Tia Agusti, Riche Cynthia Johan, dan Mohammad Ali. 2017. “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER” 3 (2): 9.

Dwijayanti, Nora. 2021. “Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9 (1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837.

Farida, Hidayatul, dan Lestari, Sindi. t.t. “MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MULTIMEDIA BERBASIS HOTS,” 8.

Fatimah, Siti, dan Triesninda Pahlevi. 2020. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Kompetensi Dasar Menerapkan Sistem Penyimpanan Arsip SIstem Abjad, Kronologis, Geografis, Nomor, dan Subjek di Jurusan OTKP SMKN 1 Bojonegoro.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8 (2): 318–28. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p318-328.

Kurniasih, Puji Dwi, Agung Nugroho, dan Sri Harmianto. 2020. “PENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KERJASAMA ANTAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KOKAMI DI KELAS IV SD NEGERI 2 DUKUHWALUH.” Attadib: Journal of Elementary Education 4 (1): 23. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627.

levi, Arin. 2021. “Upaya Guru Menumbuhkan HigherOrderThinkingSkills dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Di MIMA Condro Jember,” Indonesian Journal of Islamic Teaching, 4 No. 1: 9–23.

Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah. t.t. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP” 3 Nomor: 2.

Maula, Nadia Karima. 2020. “Analisis Peningkatan Keterampilan Problem-Solving Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan IDEAL Problem-Solving berbasis Game-Based Learning.” JURNAL PETIK 6 (2): 71–80. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.764.

Mislikhah, St. t.t. “IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH,” 12.

Nasir, Nurrahma. t.t. “Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Takalar,” 19.

Oleh, Disusun, dan Masithoh Al-Qoyyimah. t.t. “IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR PAI KELAS XI SMKN 3 CILEGON, BANTEN,” 50.

Prahesti, Vivin Devi. t.t. “IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG.”

Rafiq Badjeber, Nursupiamin. t.t. “Profil Pengetahuan Guru Sekolah Dasar tentang Higher Order Thinking Skill dalam Pembelajaran Matematika.” ktober-2020 8, No.2,.

Ratih, Putri Deti, dan Eli Rohaeti. 2020. “Implementasi Strategi Pembelajaran Guided Note Taking terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Kimia,” 7.

Rio Fabrika Pasandaran, Desak Made Ristia Kartika. t.t. “HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) : PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEMPORER” 4 Nomor 1.

Sari, Dewi Puspita, dan Retno Mustika Dewi. 2017. “PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 1 DI MAN MOJOSARI” 5 (1): 8.

Trinova, Zulvia. t.t. “PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH,” 14.

Wahyuningsih, Yuli, Ika Rachmawati, Andri Setiawan, dan Nur Ngazizah. t.t. “HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DAN KAITANNYA DENGAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA SD,” 8.

Downloads

Published

2022-12-30

Most read articles by the same author(s)