KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MEDAN

Authors

  • Melati Maharani Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sapri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23329

Keywords:

Creativity, Technology, Islamic Religious Education

Abstract

This research aims to analyze the use of technology as a medium in learning Islamic Religious Education. The focus of this research will explore the creativity of teachers in utilizing technology as a medium for learning Islamic Religious Education at MAN 1 Medan, analyzing the types of technology used, innovations in its use, and obstacles in its application. This research uses descriptive qualitative research methodology with the aim of offering a comprehensive summary of real-world, systematic, and factual circumstances and events relating to various variables, properties, and connections among phenomena. The results showed that PAI teachers at MAN 1 Medan have their own creativity and ways of utilizing technology as learning media in the form of utilizing applications such as canva, utilizing social media as a learning platform, using smart TVs to conduct presentations, and even utilizing free quiz websites and learning games.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Ajizah, I., & Munawir, M. (2021). Urgensi teknologi pendidikan: analisis kelebihan dan kekurangan teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(1), 25-36.

Al-Asqalani, I. H. (2010). Fathul Baari Syarah Shahih Al-Bukhari. Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Qur'an Kementerian Agama RI, Alquran dan terjemahannya Edisi Penyempurnaan, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019

Amaluddin, M. R., & Machali, I. (2022, December). Pemanfaatan Media Digital Sebagai Sarana Pembelajaran di SMA Babussalam Pekanbaru. In Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher (Vol. 5, pp. 275-286).

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150–157.

Ardita, C., Salsabila, U., Syarofah, A., Pahlevie, M. S., Rizky, M., & Risam, N. (2021). Lisyabab Jurnal Studi Islam dan Sosial Peran Teknologi Pendidikan pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(2), 2722–8096.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–43.

Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida, H. (2021). Kreativitas guru dalam memanfaatkan media berbasis IT ditinjau dari gaya belajar siswa. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78-93.

Firdaus, M. H., & Baisa, H. (2019). Peranan Kreativitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(4), 553-566.

Handayani, S. S. E., Suherman, S., & Masnur, M. (2021). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran SBdP Di KelasV SDN 123 Banti. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 26–37.

Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1).

Hartono, H. (2018). PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan). Pekanbaru: Zanafa.

Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 90–94.

Manongga, A. (2022, January). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Manurung, M., Kirana, W. D., & Sari, D. E. (2021, July). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar (pp. 307-312). FBS Unimed Press.

Marlinawati, R., Gustini, T., & Hidayat, N. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Berbasis literasi Teknologi dan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan: Kajian dan Implementasi, 6(3).

Maula, F., Nailil Husna, Z., & Fauziyah Taher, N. (2024). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Ma Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta. In Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu (Vol. 8, Issue 6).

Minah, M. (2022). Kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN I Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Munandar, A., Junianto, R. A., Amalia, A. R., Lestari, D., Salmah, U., Naini, Z., Dinanti, A. D., Sumantri, T. P., & Jafransyah, M. (2024). Menggali Kreativitas Guru PAI dalam Era Digital: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2173–2180.

Mun'im Amaly, A., Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan guru pendidikan agama islam dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88-104.

Muslim, I. (2010). Shahih Muslim. Perpustakaan Fayyad, penerbit: Mansoura-Ezbet Aql-Jalan Abdel Hadi hlm 344

Puspita, V., Marcelina, S., & Melindawati, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 235–240.

Rangkuti, M. R. (2018). Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN-SU Medan Penerapan Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Mas Persatuan Amal Bakti-1 (PAB-1) SAMPALI, 2615-1499

Rozelin, D., & Rasidin, R. (2024). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 3(1), 484-494.

Rusdi, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Media Pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(2), 95-103.

Sawitri, E., Astiti, M.S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202-213.

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.

Sugiarto, F. (2021). Hadis-Hadis Tarbawi(Takhrij dan Analisis Sanad). In UIN Mataram Press.

Suminar, D. (2019, May). Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 774-783).

Supriyanto, M. (2021). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Di Mts Negeri 40 Jakarta (Doctoral dissertation, UNUSIA).

Utomo, S. B., Iriani, A., & Satyawati, S. T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2).

Zabidi, A. (2020). Kreativitas guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran pai di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. INSPIRASI (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam), 3(2), 128-144.

Downloads

Published

2025-03-24