PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37892Keywords:
Cooperative Learning, Sikap Sosial, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan Cooperative Learning dalam pembelajaran IPAS sebagai upaya untuk memperkuat sikap sosial siswa sekolah dasar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah terbatasnya kesempatan interaksi dan kolaborasi dalam pembelajaran konvensional yang cenderung menjadikan siswa sebagai penerima pasif. Tujuan penelitian berbasis studi literatur ini adalah menganalisis bagaimana Cooperative Learning berkontribusi terhadap perkembangan nilai sosial seperti kerja sama, tanggung jawab, empati, dan saling menghargai dalam kegiatan pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan mensintesis hasil penelitian dari jurnal, buku, dan laporan akademik yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Cooperative Learning menyediakan aktivitas kelompok terstruktur yang mendorong ketergantungan positif, partisipasi seimbang, serta interaksi langsung antar siswa. Melalui kondisi belajar tersebut, siswa terlibat dalam kolaborasi yang bermakna sehingga mampu meningkatkan kompetensi sosial, kemampuan komunikasi, serta kepedulian terhadap sesama. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa integrasi Cooperative Learning dalam pembelajaran IPAS tidak hanya mendukung pemahaman konsep, tetapi juga berperan penting dalam menumbuhkan sikap sosial siswa dalam lingkungan belajar yang inklusif dan suportif.
Downloads
References
’Aini, A. Q. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Pembelajaran Cooperative Learning pada Mata Pelajaran IPS. Ettheses: Electronic Theses of IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/31686/
Andaresta, M. R. (2025). Peran IPS Dalam Membentuk Kepedulian Sosial Siswa Sejak Dini. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi, 1(3), 64–77. https://doi.org/10.64690/intelektual.v1i3.245
Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA. JPPGSD: Junal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1841–1854. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54388/43291
Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Novilanti, F. R. E., & Zafrullah. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Peningkatan Hasil Belajar, sikap Sosial dan Motivasi Belajar. Junal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(1), 1–10. https://repository.uir.ac.id/21014/1/5. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.pdf
Astuti, Y. P., Wahdian, A., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.246
Bialangi, M. S., & Kundera, N. (2018). Pengembangan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Biologi: Kajian Potensi Pembelajaran Kooperatif. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 138–145. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/77114850/19172-libre.pdf?1640222177=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPengembangan_Sikap_Sosial_dalam_Pembelaj.pdf&Expires=1762650896&Signature=UUZCJLIER0Cnt~Gir0rAEzCONi7XNku-UrAeIUZNRhAS-GlTjln5s-o5R6c6KX-sFvb0m0yunqXJKTMLbHekLbc2NuosMdkMmN5im1V~F4v1Vx3OyMjvhA50Yr17BGS5Q7Nr4-56IGnzOtF5y3yqq-mzAv5o0jVZgwO91a7~OXbcoX8zTuaxfULQnOg2SA0wzNRjq0lzXEq1AgVWrgqaxXnuyApix9udM6DtIX8D9fgGI6xMj5CzSSFo4xRaPv8vju1yGFi8TIXPvhrmS2IY~QdBO6BJAUt0a9JDxCLystKGJ2XvhcQf2su2tHMiM8aJgQCC4cYLFspA85-9PzbtBA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Daulay, H. P. (2016). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (N. Pasa (ed.)). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Qd7MDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Pemberdayaan+Pendidikan+Agama+Islam+Di+Sekolah&ots=a6-SE-D1U9&sig=a9hq7yM8kg3X4F50KUAIujv_h5Q&redir_esc=y#v=onepage&q=Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah&f=false
Erawan, M. P., Afrilia, Y. D., & Episiasi. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA ANTAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 5(1), 150–156. https://jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/217/213
Farhan, M., Taofik, & Soleh, D. A. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE KELAS V SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 278–288. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25321
Nikmah, F., Muzdalifah, & Retnanto, A. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Terintegrasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 129–146. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.35878/guru.v4i2.1136?domain=https://journal.ipmafa.ac.id
Virnanda, V., Ananda, D. F., & Ningsih, N. F. (2025). Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif : Analisis Literatur Kualitatif. Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara, 1(6), 1–9. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i6.312
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















