PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dania Haura Kamila Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Erniwati Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Nining Sukmanengsih Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Siti Khodijah Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Sri Wahyuni Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Dine Trio Ratnasari Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37892

Keywords:

Cooperative Learning, Sikap Sosial, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan Cooperative Learning dalam pembelajaran IPAS sebagai upaya untuk memperkuat sikap sosial siswa sekolah dasar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah terbatasnya kesempatan interaksi dan kolaborasi dalam pembelajaran konvensional yang cenderung menjadikan siswa sebagai penerima pasif. Tujuan penelitian berbasis studi literatur ini adalah menganalisis bagaimana Cooperative Learning berkontribusi terhadap perkembangan nilai sosial seperti kerja sama, tanggung jawab, empati, dan saling menghargai dalam kegiatan pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan mensintesis hasil penelitian dari jurnal, buku, dan laporan akademik yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Cooperative Learning menyediakan aktivitas kelompok terstruktur yang mendorong ketergantungan positif, partisipasi seimbang, serta interaksi langsung antar siswa. Melalui kondisi belajar tersebut, siswa terlibat dalam kolaborasi yang bermakna sehingga mampu meningkatkan kompetensi sosial, kemampuan komunikasi, serta kepedulian terhadap sesama. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa integrasi Cooperative Learning dalam pembelajaran IPAS tidak hanya mendukung pemahaman konsep, tetapi juga berperan penting dalam menumbuhkan sikap sosial siswa dalam lingkungan belajar yang inklusif dan suportif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

’Aini, A. Q. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Pembelajaran Cooperative Learning pada Mata Pelajaran IPS. Ettheses: Electronic Theses of IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/31686/

Andaresta, M. R. (2025). Peran IPS Dalam Membentuk Kepedulian Sosial Siswa Sejak Dini. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi, 1(3), 64–77. https://doi.org/10.64690/intelektual.v1i3.245

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA. JPPGSD: Junal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1841–1854. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54388/43291

Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Novilanti, F. R. E., & Zafrullah. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Peningkatan Hasil Belajar, sikap Sosial dan Motivasi Belajar. Junal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(1), 1–10. https://repository.uir.ac.id/21014/1/5. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.pdf

Astuti, Y. P., Wahdian, A., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.246

Bialangi, M. S., & Kundera, N. (2018). Pengembangan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Biologi: Kajian Potensi Pembelajaran Kooperatif. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 138–145. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/77114850/19172-libre.pdf?1640222177=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPengembangan_Sikap_Sosial_dalam_Pembelaj.pdf&Expires=1762650896&Signature=UUZCJLIER0Cnt~Gir0rAEzCONi7XNku-UrAeIUZNRhAS-GlTjln5s-o5R6c6KX-sFvb0m0yunqXJKTMLbHekLbc2NuosMdkMmN5im1V~F4v1Vx3OyMjvhA50Yr17BGS5Q7Nr4-56IGnzOtF5y3yqq-mzAv5o0jVZgwO91a7~OXbcoX8zTuaxfULQnOg2SA0wzNRjq0lzXEq1AgVWrgqaxXnuyApix9udM6DtIX8D9fgGI6xMj5CzSSFo4xRaPv8vju1yGFi8TIXPvhrmS2IY~QdBO6BJAUt0a9JDxCLystKGJ2XvhcQf2su2tHMiM8aJgQCC4cYLFspA85-9PzbtBA__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Daulay, H. P. (2016). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (N. Pasa (ed.)). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Qd7MDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Pemberdayaan+Pendidikan+Agama+Islam+Di+Sekolah&ots=a6-SE-D1U9&sig=a9hq7yM8kg3X4F50KUAIujv_h5Q&redir_esc=y#v=onepage&q=Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah&f=false

Erawan, M. P., Afrilia, Y. D., & Episiasi. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA ANTAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 5(1), 150–156. https://jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/217/213

Farhan, M., Taofik, & Soleh, D. A. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE KELAS V SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 278–288. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25321

Nikmah, F., Muzdalifah, & Retnanto, A. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Terintegrasi Keterampilan Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 129–146. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.35878/guru.v4i2.1136?domain=https://journal.ipmafa.ac.id

Virnanda, V., Ananda, D. F., & Ningsih, N. F. (2025). Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif : Analisis Literatur Kualitatif. Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara, 1(6), 1–9. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i6.312

Downloads

Published

2025-12-22