IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI SEKOLAH PINGGIR SUNGAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35313Keywords:
Implementasi, PAUD HI, Taman Kanak-KanakAbstract
Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Banjarmasin Utara adalah TK yang terletak di pinggiran sungai yang mengimplementasikan program PAUD Holistik Integratif (HI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan PAUD HI di TK Negeri Pembina Banjarmasin Utara. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa TK Negeri Pembina Banjarmasin Utara telah mengimplementasikan layana PAUD HI yang meliputi: layanan pendidikan, layanan kesehatan, gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan, dan layanan kesejahteraan. Satuan pendidikan juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa mitra yaitu: orang tua, dinas kesehatan, dinas pendidikan, pemadam kebakaran, dan juga perpustakaan daerah. Dengan demikian, melalui komitmen bersama antara sekolah, orang tua, dan mitra diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan mendukung tumbuh kembang anak secara meneyluruh demi terwujudnya anak yang sehat cerdas, ceria dan berakhlak mulia.
Downloads
References
Aulia, R., & Nugroho, R. (2024). Implementasi Program Pareting di PAUD (KB/RA) Adinda Dua Tebel Gedangan. J+ PLUS UNESA, 13(1), 20–25.
Jannah, D. F., & Setiawan, R. (2022). Evaluasi implementasi program paud holistik integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7163–7172.
Marwaha, R. K., & Sripathy, G. (2008). Vitamin D & bone mineral density of healthy school children in northern India. Indian Journal of Medical Research, 127(3), 239–244.
Murvi, S. M., & Novianti, R. (2023). Analisis Penerapan Layanan Paud Holistik Integratif Di Kabupaten Bengkalis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 8092–8103.
Novianti, I., & Budiarti, E. (2024). Penerapan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dalam Upaya Pemenuhan Hak Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10326–10333.
Pratiwi, W. (2018). Kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1–13.
Rochmawati, N. I., Pudjaningsih, W., & Kusumaningtyas, N. (2025). Analisis Manajemen Capaian Pemenuhan Layanan Perlindungan Dan Kesejahteraan Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Di PAUD Tabelcan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 462–473.
Sharma, S. V, Senn, M., Zieba, A., Tang, M., Chuang, R.-J., Byrd-Williams, C., Pomeroy, M., Gaminian, A., Cox, J., & French, K. (2024). Design, protocol and baseline data of Nurturing Healthy Teachers, a cluster non-randomized controlled trial to improve the health, well-being, and food security of preschool and elementary school teachers in Houston, Texas. Preventive Medicine Reports, 40, 102674.
Siagian, N., & Adriany, V. (2020). The holistic integrated approach of early childhood education and development in Indonesia: Between issues and possibilities. International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019), 188–192.
Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(2), 199–214.
Yearshi, C., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Layanan Perlindungan Anak Usia Dini Dalam Layanan Paud Holistik Integratif (HI) di Kota Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7918–7931.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















