KENDALA DAN SOLUSI GURU DALAM PENYUSUNAN TEMA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21624Keywords:
Analisis Kurikulum, Observasi dan Implikasi, Kualitas PembelajaranAbstract
Permasalahan inti dalam penelitian ini adalah kendala yang dihadapi oleh guru dalam penyusunan tema pembelajaran tematik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala tersebut dan menawarkan solusi yang tepat. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan di SDN 3 Dirgahayu dengan fokus pada wawancara mendalam dan observasi terhadap proses penyusunan tema pembelajaran oleh guru. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif selama periode satu minggu, mulai dari pengumpulan data hingga penyusunan laporan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi guru meliputi kurangnya pelatihan mengenai kurikulum tematik, keterbatasan sumber daya, serta waktu yang tidak memadai untuk merancang tema pembelajaran. Selain itu, terdapat tantangan dalam kolaborasi antar guru dan pemahaman yang berbeda mengenai implementasi kurikulum. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya peningkatan pelatihan bagi guru, penyediaan sumber daya yang lebih baik, dan pengembangan platform kolaboratif untuk berbagi pengalaman dan strategi dalam penyusunan tema pembelajaran. Dengan perbaikan tersebut, diharapkan kualitas pendidikan di sekolah dasar dapat meningkat secara signifikan.Downloads
References
Agustian, M. (2020). Efektivitas Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 03(1), 1–13.
Alda Putriana, Muhammad Fiqri Alwi, Rizki Melinda, Sri Rahmayanti, & Safran Safran. (2024). Analisi Tantangan Dan Hambatan Penerapan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 060861. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 240–247. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.980
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Aunurrahman, P., & Halidjah, S. (2022, September). ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TERIAK.
Azmi, N. N., Sari, I. Y., & Prayogo, M. S. (2024). Hambatan Guru Pada Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(1), 19–25. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.214
Bahri, Moh. S. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954
Cahayana, I. W. D. (2022). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Majalah Ilmiah Untab, 19(01), 30–37.
Fernandes, J. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH SD N 1 BLUNYAHAN, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA APPLICATION OF LOW CLASS LEARNING TEMATIK SD BLUNYAHAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 9, 2–6.
Firdaus, K., & Ritonga, M. (2024). PERAN TEKNOLOGI DALAM MENGATASI KRISIS PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL. JURNAL KEPEMIMPINAN & PENGURUSAN SEKOLAH, 9(1), 43–57. https://doi.org/10.46245/543
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269
Hasibuan, U. K., Ramadhani, N., & Wandani, R. R. (2023). Pengembangan Silabus Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5769–5779.
Hidayah, N. (2015). PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Terampil, 2(1), 34–47.
Indra Daulay, M., & Yanto Daulay, H. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 272–281.
Kasmad. (2015). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) BAGI GURU KELAS I SD. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).
Khasanah, U., Herman, Pratama, H. C., & Darodjat. (2024). PEMBELAJARAN TEMATIK: KONSEP, APLIKASI DAN PENILAIAN (I. Tabroni, Ed.; 1st ed.). TAHTA MEDIA GROUP.
Kusti’ah, H. (2011). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SDN KETUWAN 2 KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar.
Larasati, A., & Sukartono, S. (2022). Problematika Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4517–4523. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2866
Masitah. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 02(01), 13–20.
Nada, A. Q., Fitria, Y., & Helsa, Y. (2024). TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL INTEGRATED DI SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 233–242.
Nasihatul Ummah, D. (2023). KURIKULUM MERDEKA DAN INTEGRASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA JENJANG SD/MI. 5(1).
Nasution, R. A. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA DIRI SENDIRI DI TK A PAUD KHAIRIN KIDS MEDAN TEMBUNG. JURNAL RAUDHAH, 07(01), 111–128.
Neti, E., & Amini, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3125–3131.
Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18.
Nuraini, N., & Abidin, Z. (2020). Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terintegratif di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 49. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5987
Purnamasari, R., & Purnomo, H. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 7(1), 163–172.
Sabani, F., & Permatasari Munir, N. (2024). Tantangan Guru dalam Pembelajaran Tematik pada Kelas Rendah di SDN 113 Karawak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. In Jurnal Refleksi (Vol. 12, Issue 2). https://p3i.my.id/index.php/refleksi
Sulistiyono. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN SIMULASI KREATIF SECARA TERPADU DENGAN BERBASIS TEMA ( Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI ). Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 2–14.
Sutarto. (2022). POLA INTERGARSI KURIKULUM SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA. E-Journal Tarbiyah Al-Awlad, XII(1), 51–57.
Ulfa, T., & Ramadhansyah, A. A. (2023). Pembelajaran Tematik Integratif (Model Integrasi Mata Pelajaran Umum SD/MI Dengan Nilai Agama). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20622–20628.
Wijaya, A. N., Nurdiansyah, F., Inayah, I., Shakinah, J. P., Amalia, N., & Latifa, T. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(2), 113. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.20400
Wilanda, R. A., & Supriyono. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PERISTIWA DISEKOLAH DASAR. JPGSD, 02(03), 1.
Yohana, D. L. (2022). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 1 PAGERUKIR SAMPUNG PONOROGO.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.