PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG KELAS V SD/MI

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Nurul Hidayah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Hasan Sastra Negara Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32931

Keywords:

E-modul interaktif, Bahasa Lampung, Canva, Siswa kelas V

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul interaktif pada mata pelajaran Bahasa Lampung kelas V SD/MI sebagai bahan ajar alternatif yang menarik, kontekstual, dan sesuai perkembangan teknologi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat belajar siswa akibat media pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Selain itu, keterbatasan bahan ajar berbasis teknologi dan tidak adanya integrasi kearifan lokal menyebabkan lemahnya pemahaman siswa, terutama di sekolah dengan mayoritas siswa bukan penutur asli Bahasa Lampung.Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa e-modul interaktif dengan materi “Lestarikan Bahasa, Aksara, dan Budaya Lampung” menggunakan aplikasi Canva. E-modul ini dilengkapi video pembelajaran, gambar budaya lokal, latihan soal, dan kuis digital.Hasil validasi menunjukkan kelayakan sangat tinggi, dengan skor dari ahli materi 93,3%, ahli media 90%, dan ahli bahasa 93,3%. Uji kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik masing-masing menunjukkan persentase 100%, serta uji keterbacaan siswa sebesar 90%. Nilai-nilai ini menunjukkan bahwa e-modul sangat layak, praktis, dan menarik bagi siswa.Pengembangan e-modul ini diharapkan membantu siswa belajar mandiri, meningkatkan motivasi dan hasil belajar, serta memperkuat identitas budaya melalui integrasi nilai kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Lampung di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemdikbud. (2019). Bahasa Lampung. Bahasa Dan Peta Bahasa Di Indonesia. https://petabahasa.kemdikbud.go.id/infobahasa.php?idb=45

Lesmana, E. P., & Pratiwi, T. (2025). Hasil wawancara prapenelitian di MIN 1 Pringsewu dan SDN 1 Tanjung Rusia Tiumr.

Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A. R. (2022). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development (R&D) Konsep, Teori-Teori Dan Desain Pnelitian.

Supriyono, Anggraini, T. R., Febrianti, A. N., & Yasir, M. (n.d.). PERANAN MULOK BAHASA LAMPUNG DALAM UPAYA PELESTARIAN BAHASA DAN BUDAYA LAMPUNG DI SD NEGERI 1 PELITA BANDAR LAMPUNG. 1–16.

Syukri, R. (2025). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA LAMPUNG BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR.

WARDANI, I. K. (2021). FLASH CS6 MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Kodifikasia : Jurnal Penelitian Islam, Vol 15, No. 01 (2021), 133-158, 15(01), 133–158.

Downloads

Published

2025-09-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>