PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32498Keywords:
Augmented Reality, Pancasila EducationAbstract
This research aims to develop Augmented Reality (AR) learning media in Pancasila Education Subjects Class V Elementary School. This type of research is research and development with the procedure for the development stages using a 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The results of the analysis of the validation of the assessment of material experts, media experts and linguists obtained an average product feasibility score of 96.66% in the very good category. In the one to one trial (3 users) got a score of 93.00% in the very good category. The small group trial (4 users) got a score of 94.00% with the very good category. And the field test (27 users) got a score of 94.00% with the very good category. The results of the product trial analysis data obtained an average feasibility score of 93.66% with the very good category. So that this Augmented Reality learning media video is suitable for use by students in learning, especially in the Pancasila Education subject class V Elementary School.Downloads
References
Uji coba pengguna dilakukan
dalam tiga tahap, yaitu uji coba
individual (one-to-one), uji coba
kelompok kecil (small group), dan uji
coba lapangan (field test). Uji coba
individual dilakukan oleh 3 peserta
didik dan memperoleh skor sebesar
93,00%. Uji coba kelompok kecil
dilakukan oleh 4 peserta didik dan
memperoleh skor sebesar 94,00%.
Sedangkan uji coba lapangan yang
melibatkan 20 pengguna juga
memperoleh skor sebesar 94,00%.
Secara keseluruhan, hasil rata-rata
dari uji coba pengguna adalah
sebesar 93,66%, yang menunjukkan
bahwa media pembelajaran
Augmented Reality ini mendapat
tanggapan yang sangat baik dari
pengguna dan tergolong sangat layak
digunakan dalam kegiatan
pembelajaran.
Berdasarkan hasil validasi ahli
dan uji coba pengguna tersebut, dapat
disimpulkan bahwa media
pembelajaran Augmented Reality
pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila dengan materi “Pancasila
dalam Kehidupanku” untuk peserta
didik kelas V sekolah dasar telah
memenuhi kriteria kelayakan.
Beberapa saran perbaikan yang
diberikan telah menjadi masukan
berharga bagi peneliti dalam
mengembangkan media agar lebih
optimal sebelum disebarluaskan dan
digunakan secara lebih luas di
lingkungan sekolah dasar.
E. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk media
pembelajaran Augmented Reality
pada mata pembelajaran pendidikan
pancasila kelas V Sekolah Dasar.
Dalam media ini peneliti
menggunakan materi kronologi
sejarah kelahiran pancasila,
keterhubungan antar sila pancasila,
dan keteladanan para perumus
pancasila. Penelitian dan
pengembangan (Research &
Development) augmented reality pada
mata pelajaran pendidikan pancasila
kelas V SD mengacu pada model
pengembangan 4D Thiagarajan yaitu
define (pendefinisian), design
(perencanaan), develop
(pengembangan), dan disseminate
(penyebaran). Pada penelitian ini
melibatkan 27 pengguna di SDN
Petamburan 03 Pagi. Penelitian ini
dimulai dengan tahap 1) Define
(pendefinisian), pada tahapan ini
peneliti akan melakukan analisis front-
end, analisis peserta didik, analisis
Published
Versions
- 2025-08-19 (2)
- 2025-08-19 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.