PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB EKSPLORASI BUDAYA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD

Authors

  • Tiara Nuraeini Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • Imaningtyas Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Learning Media, Interactive, Cultural Diversity, ADDIE

Abstract

Rendahnya pengetahuan siswa sekolah dasar terhadap nilai-nilai kebudayaan Indonesia menjadi dasar dilakukannya penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web JENDELA (Jelajah dan Eksplorasi Budaya). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan media yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi keberagaman budaya. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara dan penyebaran angket kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru kelas, serta siswa kelas V. Hasil validasi menunjukkan media ini memperoleh skor kelayakan sebesar 92% dari ahli materi, 89% dari ahli bahasa, dan 88% dari ahli media, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba kepada peserta didik menunjukkan hasil positif dengan skor 89,33% pada uji coba One to One, 90,53% pada Small Group, dan 92,22% pada Field Test. Berdasarkan hasil tersebut, media ini dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi keberagaman budaya untuk siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Keberagaman Budaya, ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, N. K. D., & Japa, I. G. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol. 1(No. 1), 94-103.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Cuhandi, Sabarudin, A. P., Saputra, E. A., Rumardani, A., & Arsyah, M. (2025, Januari). Pengaruh Desain Komunikasi Visual Dalam Meningkatkan Keberhasilan Pemasaran Produk Di Era Digital. Humanus: Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, Vol. 2(No. 2), 197-209.

Darmayanti, M., & Amalia, A. (2024, April). Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik dan Systematic Literature Review. SITTAH: Journal of Primary Education, Vol. 5(1), 45-60.

Defi, S., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Keberagaman Budaya Indonesia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 5(Nomor 2), 5111-5116.

Ferania, M., & Wardani, K. W. (2022, November). Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 489-499.

Ghina, H., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023, Februari). Pengimplementasian Literasi Kebudayaan Di Sekolah Dasar Melalui Program Inilah Budayaku. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, Vol. 2(No. 1), 217-222.

Imaningtyas, Yarmi, G., & Taofik. (2023). Strategi Backward Design Pada Pengembangan Modul Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila untuk Melatih Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. EDUKASI :Jurnal Pendidikan, Vol. 15(No. 2), 181-196.

Indra, A. D., Azis, A., & Wirastuti Dewi, L. G. M. (2023). Bab 3 Keragaman Budaya Indonesiaku. In Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas V (pp. 94-105). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Okpatrioka. (2023, Maret). Research And Development(R&D)Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, Vol. 1(No. 1), 86-100.

Sandi, N. V. (2022). Analisis pengetahuan siswa sekolah dasar melalui kesenian Nusantara dalam tarian Saman. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Volume 8(No 1), 34-50.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. n., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023, Februari). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, Volume 05(No. 02), 3928-3936.

Yasin, F. N. (2023, Maret). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, Volume 10(Nomor 1), 366-380.

Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Parameter, Vol 32(No 1), 30-52.

Zakiah, L., Komarudin, & Somantri, M. (2025, March 27). The Sundanese Cultural Story Book As A Learning Media For Local Wisdom-Based in Pancasila and Civic Education Learning For Elementary School Students In Bandung. Proceedings of the International Conference on Education Practice (ICEP 2024), (Advances in Social Science, Education and Humanities Research), 74-87.

Zakiah, L., Marini, A., & Nafiah, M. (2022, June). Implementation of Character Education Policies on Online Learning in Elementary Schools. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(1), 19-28.

Zakiah, L., MS, Z., & Edwita. (2021). Inductive Training Model in Improving Teacher Competence through Teacher Working Groups. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 8(2), 483-490.

Zakiah, L., Sarkadi, & Marini, A. (2023). Teachers' strategies in teaching social tolerance to elementary school students in Jakarta, Indonesia. Issues in Educational Research, 33(2), 839-855.

Zakiah, L., Sarkadi, Marini, A., Komarudin, Casmana, A. R., & Kusmawati, A. P. (2023). Implementation of Teaching Multicultural Values Through Civic Education for Elementary School Students. Journal of Social Studies Education Research, 14(1), 110-142.

Downloads

Published

2025-07-09