This is an outdated version published on 2025-08-19. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Agil Nahar Febri Ema Tri Jida Maharani Universitas Negeri Jakarta
  • Imaningtyas Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32498

Keywords:

Augmented Reality, Pancasila Education

Abstract

This research aims to develop Augmented Reality (AR) learning media in Pancasila Education Subjects Class V Elementary School. This type of research is research and development with the procedure for the development stages using a 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The results of the analysis of the validation of the assessment of material experts, media experts and linguists obtained an average product feasibility score of 96.66% in the very good category. In the one to one trial (3 users) got a score of 93.00% in the very good category. The small group trial (4 users) got a score of 94.00% with the very good category. And the field test (27 users) got a score of 94.00% with the very good category. The results of the product trial analysis data obtained an average feasibility score of 93.66% with the very good category. So that this Augmented Reality learning media video is suitable for use by students in learning, especially in the Pancasila Education subject class V Elementary School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Uji coba pengguna dilakukan

dalam tiga tahap, yaitu uji coba

individual (one-to-one), uji coba

kelompok kecil (small group), dan uji

coba lapangan (field test). Uji coba

individual dilakukan oleh 3 peserta

didik dan memperoleh skor sebesar

93,00%. Uji coba kelompok kecil

dilakukan oleh 4 peserta didik dan

memperoleh skor sebesar 94,00%.

Sedangkan uji coba lapangan yang

melibatkan 20 pengguna juga

memperoleh skor sebesar 94,00%.

Secara keseluruhan, hasil rata-rata

dari uji coba pengguna adalah

sebesar 93,66%, yang menunjukkan

bahwa media pembelajaran

Augmented Reality ini mendapat

tanggapan yang sangat baik dari

pengguna dan tergolong sangat layak

digunakan dalam kegiatan

pembelajaran.

Berdasarkan hasil validasi ahli

dan uji coba pengguna tersebut, dapat

disimpulkan bahwa media

pembelajaran Augmented Reality

pada mata pelajaran Pendidikan

Pancasila dengan materi “Pancasila

dalam Kehidupanku” untuk peserta

didik kelas V sekolah dasar telah

memenuhi kriteria kelayakan.

Beberapa saran perbaikan yang

diberikan telah menjadi masukan

berharga bagi peneliti dalam

mengembangkan media agar lebih

optimal sebelum disebarluaskan dan

digunakan secara lebih luas di

lingkungan sekolah dasar.

E. Kesimpulan

Penelitian ini bertujuan untuk

menghasilkan produk media

pembelajaran Augmented Reality

pada mata pembelajaran pendidikan

pancasila kelas V Sekolah Dasar.

Dalam media ini peneliti

menggunakan materi kronologi

sejarah kelahiran pancasila,

keterhubungan antar sila pancasila,

dan keteladanan para perumus

pancasila. Penelitian dan

pengembangan (Research &

Development) augmented reality pada

mata pelajaran pendidikan pancasila

kelas V SD mengacu pada model

pengembangan 4D Thiagarajan yaitu

define (pendefinisian), design

(perencanaan), develop

(pengembangan), dan disseminate

(penyebaran). Pada penelitian ini

melibatkan 27 pengguna di SDN

Petamburan 03 Pagi. Penelitian ini

dimulai dengan tahap 1) Define

(pendefinisian), pada tahapan ini

peneliti akan melakukan analisis front-

end, analisis peserta didik, analisis

Published

2025-08-19

Versions

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>