PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK NEGERI 4 JENEPONTO
PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31835Keywords:
Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMK Negeri 4 Jeneponto. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui bagaimana gambaran motivasi belajar peserta didik di SMK Negeri 4 Jeneponto, khususnya di kelas XI, (2) bagaimana gambaran kompetensi guru di SMK Negeri 4 Jeneponto, (3) bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 4 Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMK Negeri 4 Jeneponto yang berjumlah 197 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk kedua variabel, yaitu variabel kompetensi guru (X) dan variabel motivasi belajar (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya kompetensi sosial yang berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan nilai t hitung sebesar 2,912 > t tabel 2,032 dan signifikansi 0,007 < 0,05. Sementara itu, kompetensi pedagogik, profesional, dan kepribadian menunjukkan pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan secara individu. Sedangkan secara simultan, keempat kompetensi guru tersebut berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik, sebagaimana dibuktikan melalui uji F dengan nilai F hitung sebesar 8,768 > F tabel 2,678 dan signifikansi 0,00 < 0,05. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,531 menunjukkan bahwa 53,1% variasi dalam motivasi belajar peserta didik dapat dijelaskan oleh keempat kompetensi guru, sedangkan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi guru terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Negeri 4 JenepontoDownloads
References
Abi Wakas, Saat Bin, Ahmad Ahmad, and M. S. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 5 Kabupaten Buton. Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam, 2(1), 1003.
Bakti, R. (2024). Kompetensi Guru : Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Manajemen Stress dan Innovativenes. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru, Cet. 1. Bumi Aksara.
Hawi, A. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Cet. 2. Rajawali pers.
Kamal, M. (2019). Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis, Cet.1. AURA, CV. Anugrah Utama Raharja.
Karsiwan, W. (2022). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru, Cet. 1. Indonesia Emas Group.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers.
Mustafa, P. S. (2024). Buku Ajar Profesi Keguruan untuk Mahapeserta didik Pendidikan dan Keguruan, Cet. 1. CV. Pustaka Madani.
Mustamin, saputri, F. . M. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 2(2), 1002.
Nengsi, R., Malik, A., & A Natsir, A. F. (2021). Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1).
Nurfuadi. (2021). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Manajemen Mutu Pembelajaran, Cet. 1. Lutfi Gilang.
Nusantara, R. B. (2024). Menggali Motivasi Belajar Siswa. Elementa Media Literasi.
Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466.
Sandi Siyoto, M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Siti Nurhasyima Syamsuddin, Mustamin, A. W. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Akhlak Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Seimenggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2).
Sugeng, B. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif),. Deepublish,.
Sugiyono. (2022). Dasar Metodologi Penelitian, Cet. 27. Alfabeta.
Sutikno, S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran, Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Holistica.
Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar, Cet. 2. Rajawali pers.
Wijaya, C. (2023). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru, Cet.1. Umsu Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.