PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 2 MAROS

Authors

  • Ade Unil Hayyu Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Bunyamin Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Syahrul Universitas Muslim Indonesia
  • Akhmad Syahid Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Mustamin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30992

Keywords:

Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 2 Maros. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 125 siswa kelas XI sebagai populasi dan sampel. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan gaya belajar siswa berada pada kategori sedang (90% dan 87%). Hasil belajar juga berada pada kategori sedang (92%). Analisis lebih lanjut menunjukkan pengaruh signifikan antara motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Uji T menunjukkan pengaruh signifikan (p<0.05) baik motivasi intrinsik (M1) dan ekstrinsik (M2), maupun gaya belajar visual (X1), auditori (X2), dan kinestetik (X3) terhadap hasil belajar (Y). Uji F juga mengkonfirmasi pengaruh signifikan secara simultan dari kedua variabel independen terhadap variabel dependen. Oleh karena itu, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Kesimpulannya, motivasi dan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 2 Maros.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, R., and S. Suparno. 2022. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SMA Negeri 1 Limboto.” Jurnal Pendidikan Islam 10(1):45–58. doi: https://doi.org/10.32678/jpi.v10i1.4562.

Aisyah, R., and M. Mulyadi. 2020. “Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Mata Pelajaran PAI.” Jurnal Psikologi Pendidikan 7(2):112–20. doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/fzp9q.

Fajriyah, N. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Sesuai Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Ilmiah Didaktika 21(1):44–56. doi: https://doi.org/10.22373/jid.v21i1.1234.

Fauzi, Rahmat, Ali Usman, Nanik Nur Hayati, and Muhammad Dimas Nasihudin. 2023. “Pengelompokan Gaya Belajar Secara Homogen Dalam Mendukung Pembelajaran Diferensiasi Proses Siswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(2):9–19. doi: https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.77.

Fitriani, N. 2020. “Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Edureligia 4(2):115–24. doi: https://doi.org/10.33650/edureligia.v4i2.1320.

Hasanah, Risa Zakiatul. 2021. Gaya Belajar Learning Style. Malang: Literasi Nusantara.

Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Khunafah, Khunafah, Nelud Drajatul Aliyah, and Didit Darmawan. 2024. “Pengaruh Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Di Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 22(2):111–25. doi: https://doi.org/10.36835/jipi.v23i02.4157.

Munirah. 2020. Menjadi Guru Beretika Dan Profesional. Bandung: Insan Cendekia Mandiri.

Nuraliawati, Anggraeni. 2020. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri Di Kota Serang.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5(2):135–44. doi: https://doi.org/10.25299/thariqah.2020.vol5(2).5402.

Nurfatimah, Andi, Ishaq Shamad, and Hasibuddin Hasibuddin. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Belajar Siswa Di SDN 24 Maroa.” Journal of Gurutta Education 2(2):78–97. doi: https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1393.

Oktavia, Rina, and Nurlela Nurlela. 2021. “Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMA.” Jurnal Pendidikan Edutama 8(2):56–65.

Purnamasari, I., R. Rahmawati, D. Noviani, and H. Hilmin. 2023. “Pendidikan Islam Transformatif.” IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(4):13–22. doi: https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.562.

Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.”

Rusydi, Ananda, and Hayati Fitri. 2020. Variabel Belajar Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ.

Samsudin, Mohamad. 2020. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar.” Eduprof: Islamic Education Journal 2(2):162–86. doi: https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.38.

Siregar, Halimah Tusaddiyah. 2024. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI.” Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 2(2):215–26.

Telaumbanua, Eka Darma Putra, and Agnes Renostini Harefa. 2024. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal of Education Research 5(1):691–97. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.873.

Wulandari, L., and A. Mujab. 2021. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA.” Jurnal Edukasi Islam 10(1):75–85. doi: https://ejournal.unisnu.ac.id/JurnalEdukasiIslam/article/view/1928.

Yuliana, A., and R. Rahman. 2021. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Palu.” Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 17(2):135–47. doi: https://doi.org/10.21093/tarbawi.v17i2.3081.

Downloads

Published

2025-07-31