STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMKN 6 ENREKANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31164Keywords:
Strategi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 6 Enrekang. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi tugas dan fungsi guru PAI serta upaya mereka untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian kualitatif ini menggunakan data primer dan sekunder dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas guru PAI di SMK Negeri 6 Enrekang lebih dari sekadar mengajar, mendidik, dan mengevaluasi. Mereka juga berperan dalam menumbuhkan keterampilan membaca Al-Qur'an, melaksanakan kegiatan keagamaan sekolah, dan menjadi teladan bagi siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar, guru PAI menerapkan beberapa strategi. Sistem penghargaan diberikan untuk mengakui prestasi siswa. Berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah, sesi tanya jawab, dan diskusi, menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif. Penggunaan media pembelajaran modern, seperti proyektor dan bahan ajar digital, juga mendukung pemahaman siswa. Secara keseluruhan, studi ini mengungkap peran penting guru PAI dalam membentuk karakter dan meningkatkan prestasi akademik siswa melalui pendekatan yang komprehensif dan inovatif. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam memotivasi siswa untuk belajar.Downloads
References
Aisyah, Nur, and Nada Fitriyah. 2024. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa.” Journal of Education Research 5(1):301–13. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.770.
Ali, Makhrus. 2022. “Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengajar.” Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):94–111. doi: https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27.
Amiruddin, Dinda May Sarah, Annisa Indah Vika, Nurkhadizah Hasibuan, Mayang Sari Sipahutar, and Febri Elsa Manora Simamora. 2022. “Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1):210–19. doi: 10.47709/educendikia.v2i1.1596.
Havista, Nurul, Zahara Zahara, and Taufik Rahman. 2025. “Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 3(2):352–66. doi: https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i2.1009.
Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1):34–40. doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.
Judrah, Muh, Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, and Mustabsyirah Mustabsyirah. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4(1):25–37. doi: https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282.
Mayasari, Annisa, Windi Pujasari, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin. 2021. “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Tahsinia 2(2):173–79. doi: https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.
Munirah. 2020. Menjadi Guru Beretika Dan Profesional. Bandung: Insan Cendekia Mandiri.
Ridwan, Wasis, and Ode Moh Man Arfa Ladamay. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 8 Cerme Gresik.” TAMADDUN: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan 21(1):067–076. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.4927.
Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, Udin Supriadi, and Miptah Parid. 2022. “Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(1):273–88. doi: https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3597.
Rozak, Abdul. 2023. “Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VII Di Sekolah MTs Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study And Review (LSR).” El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 6(1):1–8. doi: https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.149.
Rusydi, Ananda, and Hayati Fitri. 2020. Variabel Belajar Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ.
Wulandari, Aini, Wiwin Luqna, and Abd Muqit. 2024. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Untuk Pembelajaran Berkualitas Bagi Generasi Z.” Proceedings of Annual Islamic Conference for Learning and Management 1(2):495–515.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.