STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP GOWA RAYA

Authors

  • St Mawadha Universitas Muslim Indonesia
  • Rosmiati Universitas Muslim Indonesia
  • Martini Universitas Muslim Indonesia
  • Subaedah Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Banna Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31339

Keywords:

Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP Gowa Raya, serta menganalisis minat belajar mereka dan faktor pendukung atau penghambat dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru, seperti penggunaan metode pembelajaran eksposisi, memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa, terlihat dari antusiasme mereka selama pembelajaran; 2) Minat belajar peserta didik kelas VIII terhadap Pendidikan Agama Islam tergolong baik, meskipun masih terdapat beberapa siswa yang kurang menyukai pelajaran ini; 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar adalah dukungan dari guru dan orang tua, metode pengajaran yang menarik, serta lingkungan belajar yang kondusif. Sementara itu, faktor penghambatnya meliputi kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran dan kurangnya motivasi belajar. Penelitian ini memberikan gambaran penting tentang dinamika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Gowa Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, La. 2022. “Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid 7(1):1–9. https://www.journal.staisyarifmuhammad.ac.id/index.php/jp/article/view/11.

Afriyanti, Naning, and Ainur Rofiq. 2024. “Strategi Pembiasan Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Salat:(Studi Di UPT Satuan Pendidikan SDN Cangkringmalang III Beji Pasuruan).” ILJ: Islamic Learning Journal 2(2):530–40. doi: https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v2i1.1493.

Amiruddin, Dinda May Sarah, Annisa Indah Vika, Nurkhadizah Hasibuan, Mayang Sari Sipahutar, and Febri Elsa Manora Simamora. 2022. “Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1):210–19. doi: 10.47709/educendikia.v2i1.1596.

Andhika, Muhammad Rezki. 2020. “Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di MIN 8 Aceh Barat.” Jurnal Eduscience 7(1):28–33. doi: https://doi.org/10.36987/jes.v7i1.1771.

Auliyah, Diva Dhiyaul. 2025. “Keterampilan Menggunakan Variasi Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Antusiasme Siswa.” Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan 2(4):808–16.

Hidayatullah, Maulana, and Hidayatus Sholihah. 2023. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Strategi Ekspositori Di MI Tarbiyatul Khairat Semarang.” Jurnal Ilmiah Sultan Agung 2(2):200–211.

Khoiri, Ahmad, Evi Susilawati, Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma, Eko Suharyanto, Teti Sumarni, Regina Yoantika Natalie, Rihfenti Ernayani, and Khasanah. 2023. Konsep Dasar Teori Pendidikan Karakter. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Lorensa, Grasela Via, Sopiatun Nahwiyah, and Helby Akbar. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas IV Di Mi Hubbul Wathan Petai Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.” JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS) 2(2):18–30.

Mayasari, Annisa, Windi Pujasari, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin. 2021. “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Tahsinia 2(2):173–79. doi: https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303.

Nengsi, Ratika, Abdul Malik, and Andi Fadilah A Natsir. 2021. “Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar).” Education and Learning Journal 2(1):49. doi: 10.33096/eljour.v2i1.93.

Nurfatimah, Andi, Ishaq Shamad, and Hasibuddin Hasibuddin. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di SDN 24 Maros.” Journal of Gurutta Education 2(2):78–97. doi: https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1393.

Rusydi, Ananda, and Hayati Fitri. 2020. Variabel Belajar Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ.

Sanjaya, W. 2020. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. 2020. “Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12(1):49–58. doi: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214.

Utami, Elvira, Rahmadhani Fitri, and Muhyiatul Fadilah. 2022. “Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar (Literatur Review).” Symbiotic: Journal of Biological Education and Science 3(2):65–70. doi: https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i2.64.

Wulandari, Aini, Wiwin Luqna, and Abd Muqit. 2024. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Untuk Pembelajaran Berkualitas Bagi Generasi Z.” Proceedings of Annual Islamic Conference for Learning and Management 1(2):495–515.

Yusuf, Munir. 2019. “Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.” Jurnal Kependidikan 8(1):13. doi: https://doi.org/10.58230/27454312.63.

Downloads

Published

2025-08-10

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2