SUPERVISI AKADEMIK MELALUI TEKNIK COACHING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU DI SD NEGERI 158 PALEMBANG
SUPERVISI AKADEMIK MELALUI TEKNIK COACHING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29768Keywords:
Supervision, Supporting factors, Implementation, Evaluation.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui (1) Faktor pendukung supervisi akademik dengan teknik coaching dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 158 Palembang (2) Mengetahui pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik coaching dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 158 Palembang dan (3) Untuk mengetahui evaluasi supervisi akademik dengan teknik coaching dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 158 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian yang menghasilkan data deskriptif, pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap nara sumber, observasi pada tempat penelitian dan dokumentasi terhadap data yang di temukan di lapangan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) faktor pendukung supervise akademika yakni dukungan dari kelapa sekolah dan rekan sejawat dalam memberikan motivasi ekstrinsik kepada guru, ketersediaan fasilitas sekolah sebagai aset penting dalam pelaksanaan pembelajaran, kepercayaan diri seorang guru dalam menghadapi tantangan dan semangat untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, serta peran peserta didik yang mampu meningkatkan keterampilan kompetensi guru khususnya kompetensi profesional guru. (2) Pelaksanaan supervise akademik meliputi tahapan Perencanaan, Pelaksanaandan Tindak Lanjut, supervisi akademik membantu guru dalam mengembangkan keterampilan mengajar, menyesuaikan kurikulum, dan menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. (3) Evaluasi pelaksanaan supervise akademik dengan memberikan umpan balik yang membangun, mengadakan pelatihan bagi guru, memanfaatkan teknologi. Selain itu, guru lebih terinovasi untuk terus belajar dan berkembang dalam meningkatkan kualitas kinerjanya agar menjadi guru professional dan untuk kemajuan SD Negeri 158 palembang.Downloads
References
Amiruddin. (2021). Manajemen Pendidikan. K-Media. Amka
Dimyati dan Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., dan Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jurnal :
Amiruddin, A. (2020). Pengaruh Coaching terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah.
Anwar, B. (2018). Kompetensi profesional sebagai agen pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 114-125.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru JKKP (Jumal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(2), 113-121.
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62-72.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11-20.
Sari, O. I. P., & Wulandari, W. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Coaching Model Tirta pada Pelaksanaan Supervisi Guru. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 96-101.
Susanto, R. (2021). Pemetaan kompetensi profesional dalam keterkaitan dimensi pengetahuan profesional dan profil karakteristik awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 164-171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.