PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN BUKIT KECIL KOTA PALEMBANG
KOMPETENSI MANAJERIAL DAN SERVANT LEADERSHIP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29150Keywords:
Manajerial, servant leadership, kinerja .guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) pengaruh servant leadership terhadap kinerja guru, 3) Pengaruh kompetensi manajerial dan servant leadership terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 138 guru, dengan teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan rumus regresi linier sederhana dan linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan servant leadership terhadap kinerja guru; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi manajerial dan servant leadership secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang. Hal ini terlihat dari uji F yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Besar pengaruh kompetensi manajerial dan servant leadership secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang sebesar 37,8% sisanya 62,2% dipengaruhi oleh faktor lain.Downloads
References
Buku :
Harapan, E., & Hendrowati, T. Y. (2024). Arah Baru Supervisi Pendidikan Indonesia. Palembang, Indonesia: Noer Fikri Offset.
Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. New York: Routledge.
Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasir, F. (2022). Manajemen Pendidikan di Era Disruptif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Prasojo, L. D., & Sudiyono. (2014). Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rivai, V. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori. Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Sutikno, S. (2014). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Alfabeta.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. PT Raja Grafindo Persada
Artikel in Press :
Affan, I., Marwan , M., & Siraj, S. (2024). Pengaruh Servant Leadership, Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Wilayah Meureubo. Aceh: indomera.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. https://jdih.kemdikbud.go.id
Yuliani, M. E., Ahmad , H., & Sri , U. (2024). Pengaruh Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) terhadap Kinerja Guru dengan Moderasi Budaya Organisasi. AMCA PRESS.
Jurnal :
Bakry, B., & Syamril, S. (2021). Pengaruh Servant Leadership terhadap nilai Kinerja Guru. JMSP.
Banutu-Gomez, M. B. (2018). Great leaders teach exemplary followership and serve as servant leaders. Journal of American Academy of Business, 4(1/2), 143-151.
Erwandi, R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Dan Motivasi Guru Di SMP Negeri Kota Lubuk Linggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(1), 105.
Imansyah, M., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan partisipasi komite sekolah terhadap kinerja guru. JMKSP (jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan), 5(2), 135-143.
Ismail, M., Nasir, F., & Wijayanto, T. (2021). “Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital.” Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(2), 115-130.
Kristiawan, M. da. R., & N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Meiaiui inovasi Pembeiajaran. Jujnaf fqra'. Kajian lirnu Pendidikan, 3(2), 1 12.
Lestari, D., & Handayani, E. (2021). “Efektivitas Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 7(3), 78-89.
Ngiode, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru MTs.N Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tadbir:Jumal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2).
Northouse, P. G. (2019). Leadership: Theory and practice. Sage publications.
Prasetyo, H., & Maryati, S. (2021). “Pengaruh Servant Leadership terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru.” Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 9(1), 45-58.
Puspitasari, Yeni; Tobari; Nila , Kesumawati;. (2021, Januari-Juni). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP.
Rahman, T., Yulianti, L., & Permata, S. (2023). “Kompetensi Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Servant Leadership dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 98-112.
Santosa, F., Adrianto, A., Syamsir, S., & Khaidir, A. (2019). Pengaruh servant leadership dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru pada sekolah menengah atas negeri di Kota Padang. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 101-108
Srinalia, S. (2017). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru Dan Korelasinya Terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasus Di Sman 1 Darui imarah Aceh Besar. Jurnaj iimiah Didaklika, f5(2), 195.
Suryana, E., & Ali, R. (2020). “Servant Leadership dalam Lingkungan Pendidikan: Implikasi terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(4), 345-362.
Zhahira, J., Shalahudin, S., & Jamilah, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(1), 85-100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.