PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN DOROMUKTI

Authors

  • Retno Wahyuni Universitas pgri ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

fraction board media 1, learning outcomes 2, mathematics 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN DOROMUKTI melalui penggunaan media papan pecahan. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Peneltitian ini menggunakan metode PTK 2 siklus, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media papan pecahan diperkenalkan untuk membantu siswa memahami konsep pecahan secara visual dan interaktif. Data yang diperoleh melalui tes pencapaianl belajar siswa, observasi, dan angket. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan media papan pecahan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Nilai hasil belajar siswa menunjukkan tren peningkatan dari pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Pada tahap pra siklus, hanya 3 siswa atau sekitar 27,27% yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kemudian pada Siklus 1 terdapat 7 peserta didik atau 72,7% mengalami peningkatan hasil belajar, kemudian diperbaiki pada Siklus 2 terdapat 10 peserta didik atau 90,9% meningkat hasil belajarnya. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media yang efektif bisa berkontribusi signifikan untuk peningkatan hasil belajar matematika siswa. Diharapkan, hasil dari penelitian ini mampu dijadikan acuan bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun, N., Fadilah, S., & Marlina, R.

(2021). Pengaruh Alat Peraga

Pacapi ( Papan Pecahan Pizza )

Terhadap Hasil Belajar Untuk

Siswa Sekolah Dasar Pada

Materi Pecahan. 8(2), 301–309.

Alamsah, G., Sadiah, A., Roro, R., &

Nurdianti, S. (2023). Penerapan

Model Kooperatif Tipe Teams

Games Tournament (TGT)

Berbantuan Media Word Wall

dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Application of the Teams

Games Tournament (TGT)

Cooperative Model Aided by

Word Wall Media in Improving

Learning Outcomes. Global

Education Journal, 1(3),

219–229.Halida, H. (2018). Peningkatan hasil

belajar matematika pada materi

koordinat melalui penggunaan

media konkret lantai ruang kelas

di sekolah dasar. Tarbiyah Al-

Awlad: Jurnal Kependidikan Islam

Tingkat Dasar, 8(2), 136-146.

Hamimi, L. (2024). Penggunaan Media

Papan Pecahan Pada Materi.

9(2).

Hardientri, W. M. (2021). Pengembangan

Vidio Pembelajaran Dalam

Pemecahan Masalah Matematika

Materi Pecahan Peserta Didik

Kelas Iv. 18.

Indriani, L. R. (2022). Penerapan

Pendekatan Concrete

Represetational Abstract (CRA)

Pada Muatan Pelajaran

Matematika Di Sekolah Dasar.

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 10(2), 409-414.

khairulanwar,+158164+Riskika+Febriyan

dani.pdf. (n.d.).

Mandjur, R., Nursakiah, & Sulastri.

(2024). Peningkatan Hasil Belajar

IPAS melalui Penerapan Problem

Based Learning pada Materi

Bagian Tumbuhan pada Siswa

SD Telkom Makassar. CJPE:

Cokroaminoto Juornal of PrimaryEducation, 7(2), 264–273.

https://ejournal.my.id/cjpe

Mulyani, E., & Yatri, I. (2022). Analisis

Kebutuhan Penggunaan Papan

Pecahan Sebagai Media

Pembelajaran Matematika pada

Materi Mengenal Bilangan

Pecahan Kelas II SD. Jurnal

Cendekia: Jurnal Pendidikan

Matematika, 06(02), 2191–2201.

https://www.jcup.org/index.php/ce

ndekia/article/view/1513%0Ahttps

://www.j-

cup.org/index.php/cendekia/articl

e/download/1513/695

Siregar, L. A., Harahap, N., & Hsb, T.

(2023). Penggunaan Media

Papan Pecahan Terhadap Minat

Belajar Matematika Siswa Kelas

III Sd Negeri 1404. Estupro, 8(3),

85–90.

Slavin. (2005). Cooperative Learning.

Nusa Media.

Sugiata, I. W. (2018). PENERAPAN

MODEL PEMBELAJARAN TEAM

GAME TOURNAMENT. Jurnal

Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2),

78–87.

Suhendro, Husain, S., & Djirimu, M.

(2019). Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran IPA (Bagian-Bagian

Tumbuhan) Dengan

Pemanfaatan Lingkungan Alam

Sekitar Kelas IV SDK Padat

Karya. Jurnal Kreatif Tadulako

Online, 4(5), 118–130

Sujia Aprisari , Romadon, S. P. (2023). (

Jurnal Basic Education Skills ).

JBES (Jurnal Basic Education

Skills), 1(3), 12–25.

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi

Murder Dalam Pembelajaran

Matematika Di Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dan Sains,

2(2), 180–191.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.

php/bintang

Suwarno, S. (2019). Model

Pembelajaran Teams Games

Tournaments (TGT) untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. PHILANTHROPY: Journal

of Psychology, 3(2), 110.

https://doi.org/10.26623/philanthr

opy.v3i2.1622

Widyawati, E., & Madiun, U. P. (2024).

Penggunaan Papan Pecahan

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika di SDN Bobol 1

Kecamatan Sekar Bojonegoro. 5.

Winanda, D. R., Jumri, R., & Ramadianti,

W. (2024). Penggunaan Media

Pecahan Untuk PembelajaranMatematika Menyenangkan

Kelas V SDN 65 Kota Bengkulu.

Journal Of Human And Education

(JAHE), 4(3), 553–558.

Woro, M. H. (2021). Pengembangan

Video Pembelajaran Dalam

Pemecahan Masalah Matematika

Materi Pecahan

Peserta Didik Kelas Iv

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020).

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR SISWA

MENGGUNAKAN

MODELPEMBELAJARAN

PROBLEM BASED LEARNING

(PBL). Jurnal Riset Pendidikan

Dasae, 3(1), 17–24.

http://journal.unismuh.ac.id/index.

php/jrpd

Downloads

Published

2025-07-08