PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN DOROMUKTI
Keywords:
fraction board media 1, learning outcomes 2, mathematics 3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN DOROMUKTI melalui penggunaan media papan pecahan. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Peneltitian ini menggunakan metode PTK 2 siklus, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media papan pecahan diperkenalkan untuk membantu siswa memahami konsep pecahan secara visual dan interaktif. Data yang diperoleh melalui tes pencapaianl belajar siswa, observasi, dan angket. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan media papan pecahan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Nilai hasil belajar siswa menunjukkan tren peningkatan dari pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Pada tahap pra siklus, hanya 3 siswa atau sekitar 27,27% yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kemudian pada Siklus 1 terdapat 7 peserta didik atau 72,7% mengalami peningkatan hasil belajar, kemudian diperbaiki pada Siklus 2 terdapat 10 peserta didik atau 90,9% meningkat hasil belajarnya. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media yang efektif bisa berkontribusi signifikan untuk peningkatan hasil belajar matematika siswa. Diharapkan, hasil dari penelitian ini mampu dijadikan acuan bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif.Downloads
References
Ainun, N., Fadilah, S., & Marlina, R.
(2021). Pengaruh Alat Peraga
Pacapi ( Papan Pecahan Pizza )
Terhadap Hasil Belajar Untuk
Siswa Sekolah Dasar Pada
Materi Pecahan. 8(2), 301–309.
Alamsah, G., Sadiah, A., Roro, R., &
Nurdianti, S. (2023). Penerapan
Model Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (TGT)
Berbantuan Media Word Wall
dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Application of the Teams
Games Tournament (TGT)
Cooperative Model Aided by
Word Wall Media in Improving
Learning Outcomes. Global
Education Journal, 1(3),
219–229.Halida, H. (2018). Peningkatan hasil
belajar matematika pada materi
koordinat melalui penggunaan
media konkret lantai ruang kelas
di sekolah dasar. Tarbiyah Al-
Awlad: Jurnal Kependidikan Islam
Tingkat Dasar, 8(2), 136-146.
Hamimi, L. (2024). Penggunaan Media
Papan Pecahan Pada Materi.
9(2).
Hardientri, W. M. (2021). Pengembangan
Vidio Pembelajaran Dalam
Pemecahan Masalah Matematika
Materi Pecahan Peserta Didik
Kelas Iv. 18.
Indriani, L. R. (2022). Penerapan
Pendekatan Concrete
Represetational Abstract (CRA)
Pada Muatan Pelajaran
Matematika Di Sekolah Dasar.
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 10(2), 409-414.
khairulanwar,+158164+Riskika+Febriyan
dani.pdf. (n.d.).
Mandjur, R., Nursakiah, & Sulastri.
(2024). Peningkatan Hasil Belajar
IPAS melalui Penerapan Problem
Based Learning pada Materi
Bagian Tumbuhan pada Siswa
SD Telkom Makassar. CJPE:
Cokroaminoto Juornal of PrimaryEducation, 7(2), 264–273.
https://ejournal.my.id/cjpe
Mulyani, E., & Yatri, I. (2022). Analisis
Kebutuhan Penggunaan Papan
Pecahan Sebagai Media
Pembelajaran Matematika pada
Materi Mengenal Bilangan
Pecahan Kelas II SD. Jurnal
Cendekia: Jurnal Pendidikan
Matematika, 06(02), 2191–2201.
https://www.jcup.org/index.php/ce
ndekia/article/view/1513%0Ahttps
://www.j-
cup.org/index.php/cendekia/articl
e/download/1513/695
Siregar, L. A., Harahap, N., & Hsb, T.
(2023). Penggunaan Media
Papan Pecahan Terhadap Minat
Belajar Matematika Siswa Kelas
III Sd Negeri 1404. Estupro, 8(3),
85–90.
Slavin. (2005). Cooperative Learning.
Nusa Media.
Sugiata, I. W. (2018). PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN TEAM
GAME TOURNAMENT. Jurnal
Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2),
78–87.
Suhendro, Husain, S., & Djirimu, M.
(2019). Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran IPA (Bagian-Bagian
Tumbuhan) Dengan
Pemanfaatan Lingkungan Alam
Sekitar Kelas IV SDK Padat
Karya. Jurnal Kreatif Tadulako
Online, 4(5), 118–130
Sujia Aprisari , Romadon, S. P. (2023). (
Jurnal Basic Education Skills ).
JBES (Jurnal Basic Education
Skills), 1(3), 12–25.
Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi
Murder Dalam Pembelajaran
Matematika Di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dan Sains,
2(2), 180–191.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.
php/bintang
Suwarno, S. (2019). Model
Pembelajaran Teams Games
Tournaments (TGT) untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa. PHILANTHROPY: Journal
of Psychology, 3(2), 110.
https://doi.org/10.26623/philanthr
opy.v3i2.1622
Widyawati, E., & Madiun, U. P. (2024).
Penggunaan Papan Pecahan
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika di SDN Bobol 1
Kecamatan Sekar Bojonegoro. 5.
Winanda, D. R., Jumri, R., & Ramadianti,
W. (2024). Penggunaan Media
Pecahan Untuk PembelajaranMatematika Menyenangkan
Kelas V SDN 65 Kota Bengkulu.
Journal Of Human And Education
(JAHE), 4(3), 553–558.
Woro, M. H. (2021). Pengembangan
Video Pembelajaran Dalam
Pemecahan Masalah Matematika
Materi Pecahan
Peserta Didik Kelas Iv
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020).
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA
MENGGUNAKAN
MODELPEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING
(PBL). Jurnal Riset Pendidikan
Dasae, 3(1), 17–24.
http://journal.unismuh.ac.id/index.
php/jrpd
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.