PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NORMA MASYARAKAT BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA KELAS V UPT SD NEGERI DOROMUKTI TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27273Keywords:
Learning Media, Snakes and Ladders, Pancasila Education.Abstract
Pelaksanaan penelitian ini diarahkan untuk peningkatan pemahaman siswa tentang Pendidikan Pancasila di kelas V yang kurang memahami materi bentuk norma-norma dalam masyarakat dengan menggunakan media pembelajaran visualisasi konkret seperti “Ular Tangga” di kembangkan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan. Penelitian tindakan kelas kolaboratif digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan pendidik serta peneliti selama pembelajaran. Guru akan mengumpulkan data yang diperlukan dengan mengawasi praktik mengajar peneliti. "Ular Tangga" adalah solusi yang lebih baik untuk masalah siswa yang tidak memahami materi bentuk norma-norma dalam masyarakat. Pada siklus I, nilai siswa 38,89% berada dalam kategori sangat baik, 27,78% berada dalam kategori baik, 22,22% berada dalam kategori cukup baik, dan 11,11% berada dalam kategori kurang baik. Pada siklus kedua, ketika media pembelajaran "Ular Tangga" digunakan, nilai siswa adalah 77,78% dalam kategori terbaik dan 22,22% dalam kategori baik. Tidak ada siswa yang gagal mencapai KKTP. Tidak ada lagi siswa yang belum tuntas KKTP, dari 2 anak sebelumnya. Media pembelajaran sangat penting untuk mendukung pemahaman siswa tentang materi bentuk norma-norma dalam masyarakat. Mereka tidak hanya bergantung pada metode ceramah yang membosankan, tetapi juga memiliki kegiatan yang meningkatkan partisipasi aktif siswa dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Jadi menggunakan "Ular Tangga", siswa akan memiliki pengalaman baru dan pembelajaran baru. Artikel ini akan mengajarkan peneliti dan pembaca bagaimana membuat media pembelajaran yang lebih inovatif untuk mendukung pembelajaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.Downloads
References
Dasar, P. S. (2025). 1 2 1,2. 10.
Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021).
Implementasi Pancasila dalam
Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal
Kewarganegaraan, 5(1),
113–118. https://ummaspul.e-
journal.id/edupsycouns/article/vie
w/1304
Silalahi, D. E., Purba, L.,
Simanungkalit, R. H., & Siagian,
A. F. (2025). Integrasi Artificial
Intelligence ( AI ) dalam
Penelitian Tindakan Kelas pada
Pembelajaran Bahasa Inggris di
SMA. 5, 59–68.
Khoirroni, IA, Patinasarani, R.,
Hermayanti, NI, & Santoso, G. (2023).
Pendidikan Karakter: Jenjang Anak
Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal
Pendidikan Transformatif, 2 (2), 269-
279.
Pratama, D. A., Ginanjar, D., &
Solehah, L. Penerapan S. (2023).Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan
Sehari-Hari Sebagai Pendidikan
Karakter di Mts. Darul Ahkam
Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan
Pengajaran, 1(02), 78-86.
Cahyani, B. G., Rosyida, H. Q.
F., Aeni, K., & Nuraeni, R. (2024).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN PANCASILA MATERI
ATURAN SEKOLAH BERBANTUAN
MEDIA KANTONG ATURAN KELAS 3
SD N KEDUNGPANE 02. Didaktik:
Jurnal Ilmiah PGSD STKIP
Subang, 10(04), 221-231.
Ramadhan, A., & Nadhira, A.
(2022). Penelitian Tindakan Kelas
(Ptk) Solusi Alternatif Problematika
Pembelajaran Dengan Berbasis
Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel
Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum
Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah
Darul Hikmah Medan. Jurnal Serunai
Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128.
Bella, B. S., & Syofyan, H.
(2023). PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATERI ZAT TUNGGAL
DAN CAMPURAN MELALUI MEDIA
ULAR TANGGA SISWA KELAS V
SDN KEDOYA UTARA 03. Didaktik:
Jurnal Ilmiah PGSD STKIP
Subang, 9(04), 2318-2332.Hidayati, B. R., Yahya, Y.,
Sarina, E., Srigusdiana, B. N.,
Zahrani, B., Sari, E. N., & Anam, H.
(2025). Pengembangan Media
Pembelajaran Konkret Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
SD Negeri 6 Masbagik Selatan. Jurnal
Abdi Populika, 6(1), 60-67.
Miftahurrahmah, M., Zain, M. I.,
& Muslehudin, M. (2025). Penggunaan
Media Permainan Ular Tangga Sifat
Cahaya dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Negeri 7 Cakranegara. Jurnal Ilmiah
Profesi Pendidikan, 10(1), 906-911.
Machali, I. (2022).
Bagaimana melakukan penelitian
tindakan kelas bagi guru?
Indonesian Journal of Action
Research, 1(2), 315-327.
Zebua, B. R. M. (2025).
Analisis Penggunaan Media
Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ppkn Di Smk Negeri 1
Lahomi. FAGURU: Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Keguruan, 4(1), 85-98.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.