PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI NORMA MASYARAKAT BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA KELAS V UPT SD NEGERI DOROMUKTI TUBAN

Authors

  • shofia Ummi Latifah Rohani UNIROW Tuban
  • Wendri Wiratsiwi UPT SD NEGERI DOROMUKTI TUBAN

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27273

Keywords:

Learning Media, Snakes and Ladders, Pancasila Education.

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini diarahkan untuk peningkatan pemahaman siswa tentang Pendidikan Pancasila di kelas V yang kurang memahami materi bentuk norma-norma dalam masyarakat dengan menggunakan media pembelajaran visualisasi konkret seperti “Ular Tangga” di kembangkan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan. Penelitian tindakan kelas kolaboratif digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan pendidik serta peneliti selama pembelajaran. Guru akan mengumpulkan data yang diperlukan dengan mengawasi praktik mengajar peneliti. "Ular Tangga" adalah solusi yang lebih baik untuk masalah siswa yang tidak memahami materi bentuk norma-norma dalam masyarakat. Pada siklus I, nilai siswa 38,89% berada dalam kategori sangat baik, 27,78% berada dalam kategori baik, 22,22% berada dalam kategori cukup baik, dan 11,11% berada dalam kategori kurang baik. Pada siklus kedua, ketika media pembelajaran "Ular Tangga" digunakan, nilai siswa adalah  77,78% dalam kategori terbaik dan 22,22% dalam kategori baik. Tidak ada siswa yang gagal mencapai KKTP. Tidak ada lagi siswa yang belum tuntas KKTP, dari 2 anak sebelumnya. Media pembelajaran sangat penting untuk mendukung pemahaman siswa tentang materi bentuk norma-norma dalam masyarakat. Mereka tidak hanya bergantung pada metode ceramah yang membosankan, tetapi juga memiliki kegiatan yang meningkatkan partisipasi aktif siswa dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Jadi menggunakan "Ular Tangga", siswa akan memiliki pengalaman baru dan pembelajaran baru. Artikel ini akan mengajarkan peneliti dan pembaca bagaimana membuat media pembelajaran yang lebih inovatif untuk mendukung pembelajaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dasar, P. S. (2025). 1 2 1,2. 10.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021).

Implementasi Pancasila dalam

Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal

Kewarganegaraan, 5(1),

113–118. https://ummaspul.e-

journal.id/edupsycouns/article/vie

w/1304

Silalahi, D. E., Purba, L.,

Simanungkalit, R. H., & Siagian,

A. F. (2025). Integrasi Artificial

Intelligence ( AI ) dalam

Penelitian Tindakan Kelas pada

Pembelajaran Bahasa Inggris di

SMA. 5, 59–68.

Khoirroni, IA, Patinasarani, R.,

Hermayanti, NI, & Santoso, G. (2023).

Pendidikan Karakter: Jenjang Anak

Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal

Pendidikan Transformatif, 2 (2), 269-

279.

Pratama, D. A., Ginanjar, D., &

Solehah, L. Penerapan S. (2023).Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan

Sehari-Hari Sebagai Pendidikan

Karakter di Mts. Darul Ahkam

Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan

Pengajaran, 1(02), 78-86.

Cahyani, B. G., Rosyida, H. Q.

F., Aeni, K., & Nuraeni, R. (2024).

PENINGKATAN HASIL BELAJAR

SISWA PADA MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN PANCASILA MATERI

ATURAN SEKOLAH BERBANTUAN

MEDIA KANTONG ATURAN KELAS 3

SD N KEDUNGPANE 02. Didaktik:

Jurnal Ilmiah PGSD STKIP

Subang, 10(04), 221-231.

Ramadhan, A., & Nadhira, A.

(2022). Penelitian Tindakan Kelas

(Ptk) Solusi Alternatif Problematika

Pembelajaran Dengan Berbasis

Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel

Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum

Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah

Darul Hikmah Medan. Jurnal Serunai

Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128.

Bella, B. S., & Syofyan, H.

(2023). PENINGKATAN HASIL

BELAJAR MATERI ZAT TUNGGAL

DAN CAMPURAN MELALUI MEDIA

ULAR TANGGA SISWA KELAS V

SDN KEDOYA UTARA 03. Didaktik:

Jurnal Ilmiah PGSD STKIP

Subang, 9(04), 2318-2332.Hidayati, B. R., Yahya, Y.,

Sarina, E., Srigusdiana, B. N.,

Zahrani, B., Sari, E. N., & Anam, H.

(2025). Pengembangan Media

Pembelajaran Konkret Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

SD Negeri 6 Masbagik Selatan. Jurnal

Abdi Populika, 6(1), 60-67.

Miftahurrahmah, M., Zain, M. I.,

& Muslehudin, M. (2025). Penggunaan

Media Permainan Ular Tangga Sifat

Cahaya dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Negeri 7 Cakranegara. Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan, 10(1), 906-911.

Machali, I. (2022).

Bagaimana melakukan penelitian

tindakan kelas bagi guru?

Indonesian Journal of Action

Research, 1(2), 315-327.

Zebua, B. R. M. (2025).

Analisis Penggunaan Media

Pembelajaran Dalam Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran Ppkn Di Smk Negeri 1

Lahomi. FAGURU: Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Keguruan, 4(1), 85-98.

Downloads

Published

2025-07-09