PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY SIPINTARCERMAT PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPT SDN DOROMUKTI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18817Keywords:
Media Pembelajaran, SIPINTARCERMAT, Augmented Reality, Sistem Pencernaan ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality berbasis aplikasi android yang disebut SIPINTARCERMAT, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Data penelitian diperoleh dari kelas V UPT SDN Doromukti, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan aplikasi ini dinyatakan sangat layak dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Uji kevalidan menunjukkan persentase 98,33% dari ahli media, 81,66% dari ahli materi, dan 91,42% dari ahli bahasa. Hasil angket respon guru dan siswa menunjukkan persentase 100% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan produk melalui analisis N-Gain menunjukkan persentase skor siswa dengan kategori tinggi sebesar 30,8%, kategori sedang sebesar 65,4%, dan kategori rendah sebesar 3,8%. Rata-rata N-Gain adalah 63,7645 yang termasuk dalam kriteria efektif. Dengan demikian, aplikasi media pembelajaran SIPINTARCERMAT dapat dianggap sebagai solusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan teknologi inovatif.Downloads
References
Anggita, A. D., Subekti, E. E., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran IPAS di Kelas 4 SD N Panggung Lor. Inventa, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104
Arif, M. H., & Rukmi, A. S. (2020). Pengembangan Buku Suplemen untuk Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 8(5), 1033–1043. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36680
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Kurniawan, M. H., & Julianto. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AR “Augmented Reality” pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(06), 1401–1414.
Mazidah, N. R., & Sartika, S. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3192
Okpatrioka. (2023). Research and Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Saputri, F. E., Muhsinah, A., & Kusnandi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan. Widyagogik, 6(1), 57–72. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/download/4562/3172
Setyawan, B., Rufi'i, & Fatirul, A. N (2019). Augmented Reality dalam Pembelajaran IPA bagi Siswa SD. Kwangsan, Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90.
Susetya, B. E. F., & Harjono, N. (2022). Pengembangan Media Filter Instagram Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10056–10072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4228
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.