PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA DI KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27226Keywords:
Student Participation, IPAS Learning, Canva MediaAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui pemanfaatan media visual digital Canva pada siswa kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, yang ditunjukkan oleh perilaku pasif, kurangnya keberanian untuk bertanya, serta minimnya keterlibatan dalam diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Pada siklus I, partisipasi siswa meningkat dari rata-rata 45,56% menjadi 73,33%, sedangkan pada siklus II mencapai 86,90%. Indikator partisipasi yang diamati meliputi kemampuan mengemukakan pendapat, keterlibatan dalam diskusi, kerja sama dalam kelompok, dan sikap menghargai pendapat teman. Penggunaan media Canva yang dipadukan dengan model Problem Based Learning (PBL) menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, kontekstual, dan interaktif. Canva membantu memvisualisasikan konsep abstrak, mendorong kolaborasi antar siswa, serta meningkatkan motivasi belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media Canva Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPAS serta sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman. Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Pembelajaran IPAS, Media CanvaDownloads
References
ASHAR, W, M. F., & ISKANDAR, A.
A. (2016). Pemanfaatan Media
Audio-Visual Berbasis AplikasiCanva Pada Pembelajaran IPAS
Dalam Meningkatkan Minat
Belajar Siswa. 4(3), 1–23.
Bella, K. T. (2024). Hubungan Antara
Minat Belajar Dengan Hasil
Belajar Pada Mata Pelajaran IPA
Siswa SDS Amkur Bengkayang.
4(4), 588–592.
Ekantini, I. D. W. A. (2023).
Implementasi Kurikulum
Merdeka Pada Pembelajaran
IPAS MI/SD. 08(September),
2100–2112.
Fatimah, H. F., Widiastuti, L., Juliati,
S., Alvin, M., & Afendi, A. H.
(2025). Penerapan Media Matur
dalam Peningkatan Hasil Belajar
Siswa Sekolah Dasar. 07(02),
11879–11888.
Haris Budiman. (2017). Peran
Teknologi Informasi Dan
Komunikasi Dalam Pendidikan.
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan
Islam, 8(1), 31–43.
Hendrizal. (2020). Rendahnya
Motivasi Belajar Siswa Dalam
Proses Pembelajaran. Jurnal
Riset Pendidikan Dasar Dan
Karakter, 2(1), 44–53.
https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/
pdk/article/view/57/48
Indonesia, K. B. B. (2015). Kamus
Bahasa Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia.
(2018). Peraturan Menteri
Pendidikan Dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 37
TAHUN 2018. JDIH
Kemendikbud, 2025, 1–527.
Mayer, R. E., & Fiorella, L. (2021).
The Cambridge Handbook of
Multimedia Learning. The
Cambridge Handbook of
Multimedia Learning, January.
https://doi.org/10.1017/97811088
94333
Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H.,
Mudzanatun, M., & Isnuryantono,
E. (2023). Penggunaan Aplikasi
Canva dalam Media
Pembelajaran Matematika di
Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Dasar, 11(1).
https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1
.72716
Nasution, E. M., Suci, F. P., & Rafiq,
M. (2023). Penerapan Ruang
Lingkup Pembelajaran Ips Di
Sekolah Dasar. Pema (Jurnal
Pendidikan Dan Pengabdian
Kepada Masyarakat), 2(3),
188–193.
https://doi.org/10.56832/pema.v2
i3.305
Nawa, K., Sirait, D., Yarshal, D., &
Siregar, N. S. (2025). Pengaruh
Culturally Responsive Teaching
Terhadap Partisipasi Dan
Motivasi Siswa Dalam
Pembelajaran IPAS Kelas V
SDN 060812 Medan keterlibatan
dan prestasi belajar siswa ,
penerapannya dalam mata
pelajaran IPAS di sekolah. 6(1),
120–128.
Ningrum, S. P. (2024). Pengaruh
Penggunaan Media Video
Animasi Berbasis Aplikasi Canva
Terhadap Hasil Belajar IPAS.
13(4), 4961–4968.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan
Aplikasi Canva Sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Dan
Sastra Indonesia Jenjang
SMA/MA. Jurnal SasindoUnpam, 8(2), 79–96.
http://www.openjournal.unpam.a
c.id/index.php/Sasindo/article/vie
w/8354
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S.
(2014). penggunaa media audio-
Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1
Pacitan. Jurnal Teknologi
Pendidikan Dan Pembelajaran,
2(2), 127–144.
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/
Sagendra, B. (2022). Proyek IPAS
(Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial).
1–59.https://drive.google.com/dri
ve/folders/1hWJF_aa1QJKc2POt
F71rOwp__WyBbgKZ
Supriyono. (2018). Pentingnya Media
Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Minat Belajar
Siswa SD. Journal on Teacher
Education, II(1), 215–222.
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.
23657
Yusnaldi, E., Sihotang, A. S., Rizqi, I.
H., & Anggraini, N. (2025). Peran
Media Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Minat Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial. 5(1),
80–89.
Zainuddin, M. (2017). Model
Pembelajaran Kolaborasi
Meningkatkan Partisipasi Siswa ,
Keterampilan Sosial , dan
Prestasi Belajar IPS. 3, 75–83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.